Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Kemampuan Literasi Sains terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Laju Reaksi di Man Abdya

Mazwan, 140208004 (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Kemampuan Literasi Sains terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Laju Reaksi di Man Abdya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pengaruh Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Pengaruh Model Pembelajaran)
Mazwan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Pengaruh Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Pengaruh Model Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (440kB) | Preview

Abstract

Masih rendahnya kemampuan literasi sains pada mata pelajaran kimia khususnya materi laju reaksi sehingga hasil belajar siswa juga rendah. Maka Penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi sangat perlu dilakukan karena materi tersebut mengharuskan adanya percobaan sehingga siswa akan mudah mengerti terhadap materi laju reaksi. Penelitian ini mengangkat permasalahan apakah terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kemampuan literasi sains terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi di MAN Abdya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kemampuan literasi sains terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi di MAN Abdya. Bentuk rancangan penelitian yang digunakan yaitu pra eksperimen dengan desain penelitian one-group pretest-posttest. Sampel penelitian ini adalah siswa XI MIA-1 dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang siswa. berdasarkan hasil analisis uji-ttest diperoleh nilai thitung = 13,6 dan ttabel dengan signifikan α = 0,05.dk = (n-1) = (38-1) = 37 dan peluang 0,95 di dapatkan t0,95(38) = 1,68 sehingga thitung > ttabel ini berarti berada didaerah penolakan H0 dan terima Ha pada taraf nyata 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa“Terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kemampuan literasi sains terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi di MAN Abdya”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Saifullah, M.Ag 2. Mukhlis, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Literasi Sains, Hasil Belajar, Laju reaksi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Mazwan -
Date Deposited: 24 Oct 2018 09:32
Last Modified: 24 Oct 2018 09:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5634

Actions (login required)

View Item
View Item