Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing pada Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas V Min 6 Bener Meriah

Sinemah Rezeki, 201223353 (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing pada Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas V Min 6 Bener Meriah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Sinemah Rezeki.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (209kB) | Preview

Abstract

Model kooperatif tipe snowball throwing merupakan salah satu model pembelajaran yang cocok diterapkan dalam pembelajaran IPS pada materi kenampakan alam dan lingkungan buatan. Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah tidak adanya variasi model pembelajaran yang mengakibatkan menurunnya motivasi belajar siswa, timbulnya rasa bosan dan kurang kreatif dalam berpikir sehingga menyebabkan hasil belajar siswa tidak mencapai ketuntasan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui aktivitas siswa guru dan siswa dengan penggunaan model kooperatif tipe Snowball Throwing dalam pembelajaran IPS pada materi kenampakan alam dan lingkungan buatan.(2) Mengetahui hasil belajar siswa dengan penggunaan model kooperatif tipe Snowball Throwing pada materi kenampakan alam dan lingkungan buatan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 33 siswa. Data penelitian diperoleh melalui instrument penelitian yang berupa lembar observasi siswa dan guru dan tes. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa aktifitas guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 3,50 dengan kategori cukup baik dan meningkat pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 4,20 dengan kategori baik sekali. Selanjutnya aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 3,00 dengan kategori baik, dan meningkat pada siklus II memperoleh nilai rat-rata 4,10 dengan kategori baik sekali. Kemudian hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 39,39 hanya 13 siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sedang 20 siswa belum mencapai nilai KKM .Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 84,84 dan nilai ini menunjukkan ketuntasan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe Snowball Throwing dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIN Bener Kelipah Bener Meriah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Yuni Setia Ningsih, M.Ag. 2. Sri Mutia, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar dengan menggunakan kooperatif Tipe Snowball Throwing
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sinemah Rezeki
Date Deposited: 02 Nov 2018 08:54
Last Modified: 02 Nov 2018 08:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5681

Actions (login required)

View Item View Item
TOP