Pelaksanaan Bimbingan Belajar dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas II di SMA Negeri 5 Banda Aceh

Melva Suryani, 140213025 (2018) Pelaksanaan Bimbingan Belajar dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas II di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img] Text (Membahas tentang Bimbingan Belajar dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa)
Melva Suryani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text (Membahas tentang Bimbingan Belajar dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Bimbingan dan konseling tidak terlepas dari masalah yang dihadapi oleh siswa di sekolah. Penelitian yang berjudul “ Pelaksanaan Bimbingan Belajar dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di SMA Negeri 5 Banda Aceh” bertujuan untuk melihat apakah pelaksanaan bimbingan belajar dapat mengatasi kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa. Bimbingan belajar merupakan salah satu bantuan yang diberikan kepada siswa oleh konselor untuk menemukan jalan keluar terhadap masalah yang dihadapi siswa. Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kesulitan belajar sebelum dan sesudah diberikan bimbingan belajar kepada siswa kelas II SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperiment dengan design pre-test dan prost-test. Tekhnik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan AUM umum. Hasil penelitian ini menunjukkan siswa yang mengalami kesulitan belajar, dalam penelitian ini peneliti lebih melihat pada mata pelajaran fisika. Populasi penelitian ini berjumlah 26 orang siswa kelas II MIA 3 SMA Negeri 5 Banda Aceh, dan menggunakan tekhnik purposive sampling. Tekhnik analisis menggunakan uji t dengan menggunakan aplikasi SPSS 21. Yang menjadi sample dalam penelitian ini berjumlah 9 orang siswa kelas II MIA 3, laki-laki berjumlah 1 orang dan perempuan berjumlah 8 orang. Hasil yang di dapatkan dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara bimbingan belajar dalam mengatasi kesulitan belajar sebelum dan setelah diberikan layanan bimbingan belajar secara berkelompok. Hal ini terlihat ketika peneliti memberikan prost-test kepada siswa. Dari hasil tersebut terlihat siswa yang mengalami kesulitan belajar sudah ada peningkatan dalam mengikuti proses belajar-mengajar. Maka dari itu pemberian bimbingan belajar secara berkelompok dalam mengatasi kesulitan belajar yang di hadapi oleh siswa di anggap tepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Munirwan Umar, M. Pd. 2. Nuzliah, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Belajar, Kesulitan Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Melva Suryani Melva
Date Deposited: 31 Oct 2018 09:35
Last Modified: 31 Oct 2018 09:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5682

Actions (login required)

View Item View Item
TOP