Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Aqidah Akhlak di MAS Seunuddon

Teuku Hariski Munazar, 140201068 (2018) Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Aqidah Akhlak di MAS Seunuddon. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Strategi Guru dalam meningkatkan Motivasi Belajar Aqidah Akhlak)
Teuku Hariski Munazar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Membahas tentang Strategi Guru dalam meningkatkan Motivasi Belajar Aqidah Akhlak)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (348kB) | Preview

Abstract

Strategi pembelajaran merupakan sebuah perencanaan yang berisi serangkaian kegiatan pembelajaran yang di desain secara khusus baik metode ataupun pemanfaatannya untuk mencapai tujuan pendidikan. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan pendidikan yang diiginkan dalam pembelajaran. Guru diharapkan memiliki beberapa strategi pembelajaran agar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Adapun rumusan masalah didalam penelitian ini adalah bagaimana strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar Aqidah Akhlak di MAS Seunuddon, apa saja kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan motivasi belajar Aqidah Akhlak di MAS Seunuddon, dan apa saja faktor pendukung dalam meningkatkan motivasi belajar Aqidah Akhlak di MAS Seunuddon. Dalam penelitian ini, penulis memakai metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis melalui deskripsi kualitatif. Hasil penelitian yang ditemukan di lokasi penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sudah baik dan meningkat. Hal ini terlihat dari siswanya malas belajar menjadi giat belajar dan banyak membaca serta berani mengutarakan pendapat dalam proses pembelajaran. Kemudian dalam meningkatkan motivasi belajar Aqidah Akhlak terdapat sejumlah kendala yang dialami oleh guru MAS Seunuddon. Namun kendala yang dialami oleh guru dapat diminimalisir dengan adanya dukungan dari orangtua siswa, kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah guru memiliki strategi ekspositori dan strategi inkuiri dalam menigkatkan motivasi belajar, terdapat sejumlah kendala yang dirasakan oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, serta adanya faktor pendukung seperti dukungan dari orangtua siswa yang dapat membantu guru dalam meningkatkan motivasi belajar Aqidah Akhlak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Hamdiah, MA. 2. Saifullah,S.Ag,MA.
Uncontrolled Keywords: Strategi, Motivasi, dan Aqidah Akhlak
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X5 Akhlak dan Tasawuf > 2X5.1 Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Teuku Hariski Munazar
Date Deposited: 05 Nov 2018 09:16
Last Modified: 05 Nov 2018 09:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5704

Actions (login required)

View Item View Item
TOP