Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Program Hafalan Al-Qur’an di SDIT Azkiya Bireuen

Riski Mulya, 140206022 (2018) Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Program Hafalan Al-Qur’an di SDIT Azkiya Bireuen. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah]
Preview
Text (Membahas tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah)
Riski Mulya.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah]
Preview
Text (Membahas tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kepala sekolah sebagai pemimpin lembaga pendidikan memiliki peran penting dalam pengelolaan program hafalan Al-Qur’an disekolah, namun permasalahan yang terjadi yaitu terdapat sebagian siswa yang mampu menghafal Al-Qur’an dengan baik dan menyelesaikan beberapa juz Al-Qur’an. Namun terdapat juga sebagian siswa yang tidak mampu menyelesaikan hafalan Al-Qur’an sesuai target yang telah ditentukan. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam pengelolaan program hafalan Al-Qur’an di
SDIT Azkiya Bireuen, untuk mengetahui pelaksanaan kepemimpinan kepala sekolah dalam pengelolaan program hafalan Al-Qur’an di SDIT Azkiya Bireuen dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan program hafalan Al-Qur’an di SDIT Azkiya Bireuen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru tahfidz. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam pengelolaan hafalan Al-Qur’an di SDIT Azkiya Bireuen adalah pembinaan guru kelas, adanya pelatihan-pelatihan yang diberikan untuk meningkatkan kemapuan dan pendekatan terhadap wali murid. Untuk pelaksanakan pengelolaan hafalan Al-Qur’an di SDIT Azkiya Bireuen satu kelas terdiri dari 4 orang guru Al-Qur’an, apabila ada siswa 30 atau lebih rataratanya sekitar 7-8 orang per ustad. Kemudian media yang kita gunakan ada audio dan khusus kelas satu dan kelas dua ada metode baca Al-Qur’an dengan gaya hijaz wafa namanya. Faktor pendukung kepala sekolah dalam pengelolaan hafalan AlQur’an di SDIT Azkiya Bireuen yaitu adanya lomba-lomba setahun sekali yang diadakan dari sekolah maupun dinas pendidikan. Hambatan dalam pengelolaan hafalan Al-Qur’an di SDIT Azkiya Bireuen yaitu tingkat kemampuan anak dalam menghafal berbeda-beda, kemudian kepedulian orang tua terhadap anak juga berbeda-beda dan hal yang paling sering terjadi ketika anak-anak sudah dirumah sudah lalai dengan televisi, musik dan lain sebagainya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Muhammad Faisal, M. A 2. Nurussalami, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Hafalan Al-Qur'an
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Riski Mulya Muchsin
Date Deposited: 07 Nov 2018 04:56
Last Modified: 07 Nov 2018 04:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5749

Actions (login required)

View Item
View Item