Analisis Peningkatan Nasabah Berdasarkan Syariah Marketing Value pada Baitul Qiradh Abu Indrapuri

M. Iqbal Helmy, 121108924 (2017) Analisis Peningkatan Nasabah Berdasarkan Syariah Marketing Value pada Baitul Qiradh Abu Indrapuri. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Analisis Peningkatan Nasabah)
M. Iqbal Helmy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Syariah Marketing Value, merupakah salah satu strategi pemasaran yang bertujuan untuk memenangkan heart-share (kecintaan pelanggan terhadap produk). Syariah marketing value sendiri mempunyai tiga faktor yang berpengaruh dalam memenangkan heart-share (kecintaan pelanggan terhadap produk) diantaranya adalah brand, service dan process. Adapun kasus yang terjadi di Baitul Qiradh Abu Indrapuri adalah terjadinya peningkatan jumlah nasabah secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Ada dua tujuan utama dalam penelitian ini yaitu: pertama, untuk mengetahui upaya Baitul Qiradh Abu Indrapuri meningkatkan kepuasan nasabah dengan menggunakan Syariah Marketing Value. Kedua, apa saja faktor-faktor terjadinya peningkatan jumlah nasabah di Baitul Qiradh Abu Indrapuri. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini penelitian lapangan (field research) dan penelitian kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu, Observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Baitul Qiradh Abu Indrapuri dalam upaya meningkatkan kepuasan nasabah mencoba untuk menerapkan sebagaimana cara Rasulullah SAW berbisnis, Ada empat yang menjadi kunci sukses dalam mengelola strategi pemasaran ini, yaitu shiddiq, amanah, fathanah, dan tablig. Kedua, yang menjadi faktor peningkatan nasabah di Baitul Qiradh Abu Indrapuri adalah sebagai berikut: brand (merek), Baitul Qiradh adalah nama yang islami, sesuai dengan syariah, Tidak mengandung unsur riba. service (pelayanan), desain interior menarik, penampilan karyawan Baitul Qiradh Abu Indrapuri sesuai dengan syariah (islami), pelayanan yang ramah dan sopan, keramahan dan perhatian karyawan, membuat nasabah nyaman, menyapa dengan sapaan yang baik. process (proses), kesediaan mengatasi masalah, kecepatan dalam pelayanan, kesesuaian produk dengan syariah, menanggapi keluhan nasabah dengan cepat, pelayanan sesuai dengan harapan nasabah dan lokasi yang mudah diakses.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Muslim Zainuddin, M. Si 2. Fakhrurrazi M. Yunus, Lc., MA
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Nasabah, Syariah Marketing Value, Baitul Qiradh
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.27 Bank, Termasuk Baitul Mal Wat Tamwil
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Users 2717 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2019 10:23
Last Modified: 07 Jan 2019 10:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5768

Actions (login required)

View Item View Item
TOP