Penggunaan Media Virtual Laboratory dalam Pembelajaran Konsep Optik Geometri di SMK Kesehatan Asy-Syifa School Banda Aceh

Jasmadi, 251121354 (2018) Penggunaan Media Virtual Laboratory dalam Pembelajaran Konsep Optik Geometri di SMK Kesehatan Asy-Syifa School Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Penggunaan Media Virtual Laboratory]
Preview
Text (Membahas tentang Penggunaan Media Virtual Laboratory)
Jasmadi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Penggunaan Media Virtual Laboratory]
Preview
Text (Membahas tentang Penggunaan Media Virtual Laboratory)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (426kB) | Preview

Abstract

Terbatasnya sarana laboratorium Fisika disekolah, diakibatkan oleh jumlah, kualitas, kekurangan alat, dan SDM. Hal ini berdampak pada pada rendahnya pencapaian hasil belajar siswa, maka digunakanlah Media Virtual Lab sebagai solusi untuk menanggulangi masalah itu. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media Virtual Laboratory terhadap hasil belajar siswa pada konsep optik geometri di SMK Kesehatan Asy-Syifa School Banda Aceh dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media Virtual Lab pada konsep optik geometri. Penelitian ini dilakukan di SMK Kesehatan Asy-Syifa School Banda Aceh. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Eksperimen, jenis eksperimen yang peneliti gunakan pre-eksperimen sedangkan desainnya adalah One Group Pretest-Posttest. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Kesehatan Asy-Syifa School Banda Aceh semester genap tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Sampling Purposive sehingga diperoleh kelas X-A Farmasi yang berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes objektif dalam bentuk pilihan ganda. Analisi data menggunakan Uji-t satu sampel independen, diperoleh hasil skor rata-rata posttest berbeda secara signifikan dengan rata-rata skor pretest dengan thitung > ttabel yaitu 6,82 > 1,68 pada taraf signifikan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media virtual laboratory dalam pembelajaran konsep optik geometri terhadap hasil belajar siswa di kelas X-A Farmasi SMK Kesehatan Asy-Syifa School Banda Aceh. Respon siswa terhadap penggunaan media virtual laboratory menarik bagi siswa atau berdampak positif dan memberi semangat dalam belajar sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dapat dilihat dari persentase yang menjawab setuju dan sangat setuju adalah 63,77%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Samsul Bahri, M. Pd 2. Sabaruddin, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Laboratorium Virtual, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Jasmadi -
Date Deposited: 08 Nov 2018 10:12
Last Modified: 08 Nov 2018 10:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5769

Actions (login required)

View Item
View Item