Efektivitas Teknik Role Playing dalam Meningkatkan Komunikasi Siswa dan Guru di SMPN 2 Kembang Tanjong

Yunzira Anwar, 140213045 (2018) Efektivitas Teknik Role Playing dalam Meningkatkan Komunikasi Siswa dan Guru di SMPN 2 Kembang Tanjong. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Komunikasi Siswa)
Yunzira Anwar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Membahas tentang Komunikasi Siswa)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (884kB) | Preview

Abstract

Komunikasi interpersonal adalah komunikasi yang terjadi diantara dua orang yang telah memiliki hubungan yang jelas, yang terhubungkan dengan beberapa cara. Apabila komunikasi interpersonal rendah maka akan menyebabkan sikap yang agresif, senang berkhayal, ‘dingin’, sakit fisik dan mental, dan mengalami ‘fight syndrome’ (ingin melarikan diri dari lingkungannya). Penelitian ini di latar belakangi masalah yang penulis temukan di Sekolah Menengah Pertama 2 kembang tanjong dari hasil observasi dan pengamatan penulis di lapangan, dimana komunikasi yang terjalin antara siswa dan guru kurang efektif. Siswa belum dapat bersikap terbuka, terlihat dari sikap siswa yang kurang aktif dalam berbicara, pendiam, pemalu, malu bertanya terhadap sesuatu yang tidak diketahui. Salah satu teknik yang dapat digunakan untuk meningkatkan komunikasi interpersonal adalah teknik role playing karena dengan role playing akan mengajarkan berbagai sikap yang dapat meningkatkan komunikasi interpersonal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi siswa dan guru di Sekolah Menengah pertama Negeri 2 Kembang Tanjong. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang berbentuk (one group pretest-posttest) design dengan subjek siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kembang Tanjong yang terdiri 8 orang siswa. Tingkat komunikasi interpersonal siswa terhadap guru sebelum menerapkan teknik role playing sebanyak 37,5% rendah dan 62,5% berkategori sedang. Keefektifan teknik role playing terhadap komunikasi siswa dan guru di Sekolah Menengah Pertama 2 Kembang Tanjong di analisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil uji-t pretest dan posttest diperoleh nilai thitung sebesar 9, 249 lebih besar dibandingkan ttabel sebesar 1,895 dan tingkat sig (2-tailed) < taraf signifikansi, yaitu 0,000 < 0, 05. thitung lebih besar dibandingkan ttabel pada taraf signifikansi 0, 05, dapat disimpulkan teknik role playing efektif untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa terhadap guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. Munirwan Umar, M.Pd; 2. Evi Zuhara, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Role Playing, Komunikasi Interpersonal
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.6 Bahasa (Ketrampilan Komunikasi)
Depositing User: Yunzira Anwar
Date Deposited: 04 Dec 2018 09:41
Last Modified: 05 Dec 2018 03:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5775

Actions (login required)

View Item View Item
TOP