Penerapan Metode Eksperimen pada Konsep Gaya di Kelas IV MIN Teladan Kota Banda Aceh

Jaluddin, 20018493 (2015) Penerapan Metode Eksperimen pada Konsep Gaya di Kelas IV MIN Teladan Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Eksperimen pada Konsep Gaya]
Preview
Text (Membahas tentang Eksperimen pada Konsep Gaya)
Jaluddin.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh penulis yaitu dengan Kota Banda Aceh masih tergolong rendah dan kurang aktifnya siswa dalam berdasarkan kepada nilai-nilai yang diperoleh siswa kelas IV MIN Teladan pembelajaran, siswa banyak duduk yakni hanya ikut belajar didalam kelas karena kurang termotivasi untuk belajar dan mencari ilmu jadi siswa hanya menerima apa yang disampaikan guru atau dengan kata lain siswa hanya sebatas objek dalam kegiatan pembelajaran. Keadaan ini disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah guru masih menggunakan metode konvensional. Dari permasalahan tersebut, penulis akan menggunakan metode eksperimen yang dianggap lebih tepat dengan mempraktekkan apa yang dipelajari sehingga lebih membuat siswa aktif dalam proses belajar mengajar.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana aktivitas guru dan siswa dengan menerapkan metode eksperimen pada konsep gaya? (2) bagaimana hasil belajar siswa meningkat dengan menerapkan metode eksperimen pada konsep gaya? (3) bagaimana respon siswa terhadap penerapan metode eksperimen pada konsep gaya?.

Penelitian ini adalah penelitian tidakan kelas (PTK). Data hasil penelitian ini diperoleh dengan menggunakan lembar observasi, tes dan angket. Kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan rumus presentase.

Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) persentase aktivitas guru 62,8% pada siklus I dan meningkat menjadi 92,8% pada siklus II, sedangkan peresntase aktivitas siswa 67% pada siklus I meningkat menjadi 98,2% pada siklus II. (2) hasil belajar siswa pada siklus I sedangkan 56,25% dan meningkat menjadi 90,62% pada siklus II. (3) Respon siswa meningkat dari 72,32% pada siklus 1 menjadi 89,28% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Azhar Amsal, S.Pd, M.Pd 2.Syahidan Nurdin, S.Pd.I, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode, Eksperimen, Materi Gaya
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 07 Jan 2019 10:25
Last Modified: 07 Jan 2019 10:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5807

Actions (login required)

View Item
View Item