Pola Pembinaan Islam terhadap Anak Telantar (Studi di Yayasan Kasih Sayang Aceh Tengah)

Julita Sari, 140402011 (2018) Pola Pembinaan Islam terhadap Anak Telantar (Studi di Yayasan Kasih Sayang Aceh Tengah). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Pola Pembinaan Islam terhadap Anak Telantar)
Julita Sari.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Membahas tentang Pola Pembinaan Islam terhadap Anak Telantar)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembinaan Islam terhadap anak terlantar telah diterapkan di Yayasan Kasih Sayang Aceh Tengah dengan berbagai upaya yang dilakukan. Jika dilihat dari pola pembinaan Islam yang diterapkan di yayasan tersebut seharusnya terjadi perubahan sikap dan tingkah laku terhadap anak-anak yang tinggal di yayasan baik dari segi akidah, ibadah, maupun ahklaknya. Namun kenyataannya hasil pembinaan Islam yang diterapkan tidak terlihat secara maksimal. Oleh karenanya untuk mengetahui lebih dalam mengenai penerapan pembinaan Islam di yayasan tersebut maka peneliti tertarik meneliti dengan mengajukan judul Pola Pembinaan Islam terhadap Anak Telantar (Studi di Yayasan Kasih Sayang Aceh Tengah). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pola pembinaan dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembinaan Islam terhadap anak terlantar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan diskriptif analitis. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipan pasif, wawancara dan studi dokumentasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan dan ketentuan yang dipilih oleh peneliti sendiri, informan dalam penelitian ini adalah 8 (delapan) orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pembinaan Islam yang diterapkan di Yayasan Kasih Sayang Aceh Tengah adalah model pesantren yang sudah terjadwal dalam kegiatan yang biasa dilakukan setiap hari. Pembinaan Islam yang dilakukan melalui pengajian seperti Iqra, Al-Quran dan Kitab kuning. Di samping itu pembinan Islam yang diterapkan melalui pembiasaan sholat berjamaah, berakhlak mulia, menghafal Al-Quran, dan menghafal doa sehari-hari. Pembinaan tersebut telah mencakup pembinaan akidah, pembinaan ibadah, pembinaan akhlak, pembinaan jasmani dan pembinaan intelektual. Selanjutnya faktor pendukung dalam pelaksanaan pembinaan Islam terhadap anak terlantar adalah pendidikan, lingkungan yayasan dan sarana yang ada di yayasan seperti Masjid, perpustakaan dan kitab. Sedangkan faktor penghambatnya terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal seperti kurangnya kesadaran dan motivasi anak untuk mempelajari dan mengamalkan ajaran Islam. Sedangkan faktor eksternalnya ialah kurangnya pengasuh, metode yang diterapkan masih tradisional, kondisi lingkungan anak di kampung dan pemanfaatan media belajar belum efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Mira Fauziyah, M.Ag 2.Juli Andriyani, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pola, Pembinaan Islam, Anak Terlantar
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Julita Sari
Date Deposited: 14 Nov 2018 08:32
Last Modified: 14 Nov 2018 08:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5808

Actions (login required)

View Item View Item
TOP