Syukrizal, 411307124 (2018) Persepsi Mad,u terhadap Gaya Komunikasi Khatib (Studi pada Da'i Perkotaan Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Syukrizal.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB) | Preview
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB) | Preview
Abstract
khutbah jumat merupakan syarat sah dalam pelaksanaan ibadah shalat jum’at, khutbah yang disampaikan oleh khatib dari berbagai kalangan termasuk yang berasal dari da’i perkotaan Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh. Dai perkotaan memiliki latar belakang keilmuan yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya, perbedaan keilmuan menyebabkan adanya perbedaan pesan yang menjadi ciri khas gaya komunikasi khatib. Gaya komunikasi komunikasi tersebut dalam persepsi mad’u sudah pasti di pahami secara berbeda-beda, dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya komunikasi khatib da’i perkotaan Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh serta untuk mengetahui persepsi mad’u terhadap gaya komunikasi da’i perkotaan. Subjek penelitian ini adalah da’i perkotaan serta jamaah jumat yang mendengar khutbah da’i perkotaan, mereka dipilih secara acak (random) dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian dapat di deskripsikan Secara keseluruhan kelima khatib da’i perkotaan Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh mengenai gaya komunikasi,khatib da’i perkotaan mengunakan gaya komunikasi The Dinamic Style yaitu gaya komunikasi yang dinamis ini memiliki kecenderungan agresifisi materi dan penggunaan waktu yang lebih di tekankan, karena para khatib yang menyampaikan pesan linkungan jamaahnya berorientasi pada tindakan, Sementara Persepsi mad’u terhadap gaya komunikasi khatib da’i perkotaan yang menyampaikan khutbah ada yang tertarik ada juga yang kurang tertarik, ada suka dan ada yang kurang suka. Hal ini dikarenakan adanya perhatian yang menyebabkan mad’u menemukan kelebihan dan kekurangan khatib da’i perkotaan, selain itu kebutuhan informasi mengenai suatu materi yang disampaikan juga ikut mempengaruhi persepsi mad’u jika materi terlalu umum atau biasa saja maka persepsinya dapat mengatakan kurang menarik hal ini dikarenakan adanya kesiapan mental dari untuk menerima dan menolak apa yang disampaikan khatib.
Kata Kunci: Gaya Komunikasi dan Persepsi Mad’u
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | pembimbing: 1.Drs, A. Karim Syeikh,M.A 2.Dr. Abizal Muhammad Yati, LC, M.A |
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Mad'u, Gaya Komunikasi, Khatib |
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.26 Komunikasi Dakwah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Syukrizal Alfatih |
Date Deposited: | 21 Nov 2018 04:15 |
Last Modified: | 21 Nov 2018 04:15 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5828 |