Analisis Kemampuan Guru Biologi dalam Merancang Instrumen Evaluasi Psikomotor di SMAN Aceh Utara

Rifdah Sumayyah, 281324933 (2018) Analisis Kemampuan Guru Biologi dalam Merancang Instrumen Evaluasi Psikomotor di SMAN Aceh Utara. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Membahas tentang Instrumen Evaluasi Psikomotor)
Rifdah Sumayyah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text (Membahas tentang Instrumen Evaluasi Psikomotor)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (975kB)

Abstract

Evaluasi pembelajaran merupakan aspek yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari kegiatan pembelajaran. Kegiatan evaluasi dilakukan untuk mengukur sejauh mana tujuan pembelajaran sudah tercapai dan evaluasi juga mengacu pada proses belajar mengajar (PBM) yang dilaksanakan. Pelaksanaan evaluasi pembelajaran yang dilakukan guru sebagai evaluator pembelajaran harus sesuai dengan tujuan pembelajaran yang direncanakan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan kegiatan pembelajaran yang sudah dijalankan. Salah satu evaluasi pembelajaran berkenaan pada aspek psikomotor. Instrumen evaluasi psikomotor merupakan alat penilaian yang beraspek pada psikomotor/keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian antara instrumen evaluasi psikomotor dengan indikator dan kemampuan guru Biologi dalam merancang instrumen evaluasi psikomotor. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2018 berlokasi di seluruh SMAN Aceh Utara, dengan metode penelitian deskriptif kualitatif, dan deskriptif persentase. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 31 SMAN di Aceh Utara, menggunakan metode sampling purposive, dengan kriteria sekolah yang telah mengaplikasikan kurikulum 2013, jumlah siswa diatas 500 orang, dan kriteria guru yang telah mengikuti pelatihan, sampel yang diambil berjumlah 6 sekolah dan 6 guru Biologi. Objek penelitian adalah RPP guru Biologi semester ganjil kelas X. Pengumpulan data dilakukan melalui pengumpulan dokumen yang berupa RPP, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif dan desktiptif persentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa keseluruhan kesesuaian antara instrumen evaluasi psikomotor dengan indikator di SMAN Aceh Utara tergolong dalam kriteria sangat sesuai, serta kemampuan keseluruhan guru Biologi dalam merancang instrumen evaluasi psikomotor di SMAN Aceh Utara tergolong dalam kriteria tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1.Dra. Nursalmi Mahdi, M.Ed.St. 2.Eva Nauli Taib, S.Pd, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kesesuaian, Instrumen Evaluasi Psikomotor, Indikator
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Rifdah Sumayyah
Date Deposited: 16 Nov 2018 03:45
Last Modified: 16 Nov 2018 03:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5875

Available Versions of this Item

  • Analisis Kemampuan Guru Biologi dalam Merancang Instrumen Evaluasi Psikomotor di SMAN Aceh Utara. (deposited 16 Nov 2018 03:45) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item
TOP