Pengaruh Model Learning Cycle 5E terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Usaha dan Energi pada SMA Negeri I Pasie Raja

Siti Hajar, 251324480 (2018) Pengaruh Model Learning Cycle 5E terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Usaha dan Energi pada SMA Negeri I Pasie Raja. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pengaruh Model  Learning  Cycle 5E]
Preview
Text (Membahas tentang Pengaruh Model Learning Cycle 5E)
Siti Hajar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan salah satu bagian dari kompetensi yang harus dimiliki peserta didik dalam pembelajaran fisika demi menghadapi perubahan keaadaan dan tantangan-tantangan di dalam kehidupan yang terus berkembang. Namun demikian, pembelajaran fisika di sekolah selama ini belum banyak memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menunjang hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar peserta didik pada materi usaha dan energi dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E di kelas XI SMAN 1 Pasie Raja, dan mengetahui respon peserta didik terhadap model Learning Cycle 5E pada materi usaha dan energi di kelas XI SMAN I Pasie Raja. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah kelas XI IPA SMAN 1 Pasie Raja dan sampelnya adalah kelas X IPA3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA1 sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui hasil tes belajar peserta didik. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan software komputer yaitu SPSS versi 16.0 dengan taraf signifikan α =0,05. (1) Diperoleh nilai thitung> ttabel 5,871 > 1,69 maka dapat disimpulkan terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik dengan Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Materi Usaha dan Energi Peserta didik SMA Negeri 1 Pasie Raja. (2) Respon peserta didik terhadap model Learning Cycle 5E dapat membuat peserta didik lebih termotivasi dan semangat dalam belajar sehingga hasil belajar peserta didik SMAN 1 Pasie Raja lebih meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Ridhwan, M. Si 2. Yeggi Darnas, S.T,MT
Uncontrolled Keywords: Model, Learning Cycle 5E, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Siti Hajar
Date Deposited: 30 Nov 2018 02:41
Last Modified: 30 Nov 2018 02:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5912

Actions (login required)

View Item
View Item