Upaya Guru BK dalam Memotivasi Siswa Kelas 2 Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar di MTSN 2 Aceh Besar

Maharan Padlul Huda, 140213051 (2018) Upaya Guru BK dalam Memotivasi Siswa Kelas 2 Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar di MTSN 2 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Upaya Guru BK dalam Memotivasi Siswa Kelas 2 Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar)
Mahran Padlul Huda.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Hj Membahas tentang Upaya Guru BK dalam Memotivasi Siswa Kelas 2 Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (636kB) | Preview

Abstract

Peran guru bimbingan konseling disekolah sangat penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa terutama pada siswa yang sedang mengalami permasalahan, baik itu masalah pribadi ataupun masalah dalam belajar. Hal tersebut bertujuan agar dapat membantu siswa dalam menjalani aktivitas belajarnya sehari-hari, dan mampu mengatasi masalah-masalah yang akan timbul dalam lingkungan sekolah serta berusaha untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Eksistensi guru bimbingan konseling di setiap sekolah berfungsi untuk membina kepribadian siswa, meningkatkan motivasi belajar siswa, mengatasi permasalahan belajar siswa dan berusaha untuk mengembangkan kepribadian siswa sehingga bisa menjadi siswa yang mandiri dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) upaya guru BK dalam memberikan Motivasi Siswa kelas 2 untuk meningkatkan prestasi belajar di MTsN 2 Aceh Besar. 2) hasil yang telah dicapai oleh guru BK dalam memotivasi siswa untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MTsN 2 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis melalui deskriptif-analisis. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, guru BK, dan peserta didik. Aktivitas yang dilakukan yakni terkait dengan upaya guru BK dalam memberikan motivasi untuk meningkatkan prestasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Upaya guru BK menggunakan beberapa metode dalam memberikan motivasi yaitu dengan bimbingan individual, bimbingan kelompok, dan layanan klasikal, yang diberikan 2 minggu sekali kepada peserta didik berjalan sesuai dengan yang direncanakan. 2) Hasil yang telah dicapai guru BK dalam memberikan motivasi kepada peserta didik yaitu adanya perubahan prilaku dan mendapatkan hasil yang lebih baik, baik dalam proses pembelajaran di sekolah maupun diluar sekolah. Guru BK berperan aktif dalam memotivasi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Munirwan Umar, M.Pd 2. Abidah. M.Ed
Uncontrolled Keywords: Upaya, Motivasi, dan Prestasi Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Mahran Padlul Huda
Date Deposited: 30 Nov 2018 08:56
Last Modified: 30 Nov 2018 08:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5919

Actions (login required)

View Item View Item
TOP