Penerapan Pendekatan Pembelajaran STM Berbasis Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Koloid di SMAN 1 Pasie Raja

Andika Fikri Randa, 291223259 (2016) Penerapan Pendekatan Pembelajaran STM Berbasis Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Koloid di SMAN 1 Pasie Raja. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus meliputi 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA2 yang berjumlah 27 orang siswa)
Andika Fikri Randa.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi yang dilakukan dikelas XI SMAN 1 Pasie Raja menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa belum maksimal, dimana lebih dari 50% siswa tidak tuntas dalam belajar. Oleh karena itu, guru perlu mengubah cara mengajar. Penelitian ini berjudul: Penerapan Pendekatan Pembelajaran STM Berbasis Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Koloid di SMAN 1 Pasie Raja. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana aktivitas guru melalui penerapan pendekatan pembelajaran sains teknologi masyarakat (STM) dengan menggunakan metode eksperimen pada materi koloid ? (2) Bagaimana aktivitas siswa kelas XI SMAN 1 Pasie Raja, melalui penerapan pendekatan pembelajaran sains teknologi masyarakat (STM) dengan menggunakan metode eksperimen pada materi koloid ? (3) Bagaimana respon siswa kelas XI SMAN 1 Pasie Raja terhadap penerapan pendekatan pembelajaran sains teknologi masyarakat (STM) dengan metode eksperimen pada materi koloid ? (4) Bagaimana ketuntasan belajar siswa melalui penerapan pendekatan pembelajaran STM dengan metode eksperimen pada materi koloid di SMAN 1 Pasie Raja ?. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus meliputi 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA2 yang berjumlah 27 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, respon dan hasil tes siswa terhadap penerapan pendekatan pembelajaran STM. Setelah seluruh data terkumpul lalu dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian diperoleh aktivitas guru mengalami peningkatan dari 79,54% pada siklus I dan 94,31% pada siklus II. Aktivitas siswa dengan penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat dengan metode eksperimen mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II dengan nilai 84,37% menjadi 92,70% dan respon siswa terhadap penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat dengan metode eksperimen adalah sebesar 92,99%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan secara klasikal dari 62,96% pada siklus I menjadi 88,88% pada siklus II. Dari hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran STM dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi koloid di SMAN 1 Pasie Raja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. H. Ramli Abdullah. M.Pd; NIP. 195804171989031002; 2. Djamaluddin Husita, M.Si; NIP. 197406121999051001
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Pendekatan, Pembelajaran, STM, Koloid, Aktivitas, Respon, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2017 08:16
Last Modified: 13 Jan 2020 05:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/592

Actions (login required)

View Item View Item
TOP