Pesan Visual Logo Pariwisata the Light of Aceh(Analisis Pengembangan Pariwisata di Banda Aceh)

Reza Fahlevi, 411307150 (2018) Pesan Visual Logo Pariwisata the Light of Aceh(Analisis Pengembangan Pariwisata di Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Analisis Pesan Visual pada Logo the Light of Aceh)
Reza Fahlevi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul, “Pesan Visual Logo Pariwisata The Light Of Aceh (Analisis Pengembangan Pariwisata Di Banda Aceh)”. Adapun permasalahan dalam penelitian ini yang pertama adalah logo sebagai produk desain komunikasi visual terdiri dari beberapa elemen-elemen desain dan tentunya memiliki makna konotasi dalam hal ini pesan apa yang dapat menginterpretasikan logo tersebut, kemudian permasalahan yang kedua yaitu dalam pengembangan branding pariwisata Aceh, upaya apa yang dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk memajukan industri pariwisata Aceh, setelah melakukan upaya pengambangan pariwisata, permasalahan ketiga yaitu bagaimana tingkat perkembangan pariwisata di Aceh, khususnya Banda Aceh pasca dilakukan rebranding logo The Light Of Aceh. Dalam hal ini yang menjadi kajian adalah elemen-elemen desain komunikasi visual pada logo seperti tipografi dan warna, makna pesan visual, serta positioning, personality, dan proposition menggunakan teori hierarki komunikasi brand. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, wawancara, studi kepustakaan, serta internet searching. Hasil penelitian yang pertama yaitu makna pesan visual logo pariwisata The Light Of Aceh adalah Aceh Rahmatan Lil ‘Alamiin yang diartikan sebagai cahaya bagi dunia, merupakan destinasi pariwisata yang bercahaya dan dapat memberikan kebaikan kepada wisatawan. Kemudian yang kedua upaya yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam pengembangan branding pariwisata Aceh yaitu, dengan melakukan rebranding logo The Light Of Aceh, melakukan promosi melalui berbagai media seperti website, instagram, youtube, twitter dan mengajak elemen masyarakat serta lembaga lain untuk menggunakan logo The Light Of Aceh, dan menyelenggarakan sejumlah event pariwisata tahunan. Hasil penelitian ketiga yaitu perkembangan pariwisata di Aceh, pasca rebranding didasari oleh dua faktor yaitu faktor pendukung diantaranya terjalin kerjasama dengan pelaku wisata seperti pengusaha travel, souvenir dan faktor penghambat yaitu kurangnya edukasi masyarakat pengelola objek wisata terhadap industri pariwisata serta kebersihan objek wisata yang kurang terjaga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Jasafat, M.A 2. Syahril Furqany., M.I.Kom
Uncontrolled Keywords: Desain Komunikasi Visual, Logo, Brand, Pariwisata
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 306 Kebudayaan dan Pranata
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr Reza Fahlevi
Date Deposited: 02 Dec 2018 11:09
Last Modified: 06 Dec 2018 09:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5923

Actions (login required)

View Item View Item
TOP