Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Darussalam.

Sri Arina, 261121785 (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Darussalam. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif)
Sri Arina.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis sangat dibutuhkan oleh siswa dalam proses pembelajaran dan kehidupan sehari-hari. Akan tetapi kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII-1 SMPN 1 Darussalam masih kurang. Hal ini disebabkan karena aktivitas belajar siswa kelas VIII-1 masih didominasi oleh guru. Ketika proses pembelajaran berlangsung, siswa kurang percaya diri dalam mengkomunikasikan gagasannya dan masih ragu-ragu dalam mengemukakan jawabannya ketika ditanya guru. Oleh karena itu, guru dalam proses pembelajaran perlu mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa, misalnya melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Dengan rumusan masalah bagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS)? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) kemampuan komunikasi matematis siswa menjadi lebih baik dari sebelumnya. Dimana pada penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif yaitu metode penelitian yang berusaha menggambarkan subjek yang diteliti sesuai dengan apa adanya dengan tujuan untuk menggambarkan fakta-fakta yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-1. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Hal ini didasarkan pada perbandingan nilai pre-test (tes awal) dengan nilai post-test (tes akhir) berdasarkan rubrik dari indikator kemampuan komunikasi matematis siswa. Jika ditinjau dari tiap indikator kemampuan komunikasi matematis siswa menunjukkan bahwa 80,46% siswa telah mencapai kategori sangat baik dalam aspek menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa atau simbol matematika, 61,87% siswa kategori baik dalam aspek membuat situasi matematika dengan menyediakan ide dan keterangan dalam bentuk tulisan, 59,95% siswa sudah mencapai kategori baik dalam aspek menggambarkan situasi masalah dan menyatakan solusi masalah secara aljabar, 39,86% siswa sudah mencapai kategori cukup untuk aspek menjelaskan dan membuat pertanyaan tentang soal matematika yang dipelajari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. H. M. Yacoeb Harun, M.Pd 2. Lasmi, S.Si., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Think Pair Share, Kemampuan komunikasi Matematis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Sri Arina
Date Deposited: 02 Dec 2018 05:12
Last Modified: 02 Dec 2018 05:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5931

Actions (login required)

View Item
View Item