Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Eksperimen pada Pembelajaran IPA di Kelas V MIN 17 Aceh Selatan

Zufrima, 201325092 (2018) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Eksperimen pada Pembelajaran IPA di Kelas V MIN 17 Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (901kB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Zufrima.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi peneliti tentang kegiatan pembelajaran IPA di MIN 17 Aceh Selatan menunjukkan bahwa siswa kurang semangat di dalam belajar pada saat mengikuti pembelajaran, dan kurangnya kemampuan guru dalam menerapkan metode eksprimen dalam pembelajaran IPA. Oleh karena itu, penulis mencoba melakukan upaya untuk menciptakan proses belajar mengajar yang menyenangkan dengan menerapkan metode eksprimen. Adapun yang menjadi rumusan masalah adalah: Bagaimana aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan metode eksprimen di kelas V MIN 17 Aceh Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa, aktivitas guru, dan hasil belajar siswa melalui penerapan metode eksprimen pada materi perubahan wujud benda di kelas Vb MIN 17 Aceh Selatan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas Vb MIN 17 Aceh Selatan tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 14 orang siswa, terdiri dari 7 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus. Data penelitian diperoleh melalui lembar observasi aktivitas siswa dan guru, dan tes hasil belajar. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian yang diperoleh aktivitas siswa 87,1%. Aktivitas guru juga meningkat dengan persentase 87,5%. Hasil quis siswa juga mengalami peningkatan persentase siswa yang tuntas (KKM≥75) 71,43%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksprimen pada pembelajaran IPA materi perubahan wujud benda dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas Vb MIN 17 Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Mawardi, M.Pd; 2. Nida Jarmita, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Metode Eksprimen
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ZUFRIMA zufrima Samsul Rizal
Date Deposited: 02 Dec 2018 05:17
Last Modified: 02 Dec 2018 05:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5938

Actions (login required)

View Item
View Item