Etika Dakwah Nabi Muhammad di Kalangan Da’i Perkotaan Banda Aceh

Shalihati, 431206913 (2016) Etika Dakwah Nabi Muhammad di Kalangan Da’i Perkotaan Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas TentangEtika Dakwah)
Shalihati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Implementasi Etika Dakwah Nabi Muhammad Saw di Kalangan Da’i Perkotaan Banda Aceh”. Yang menjadi permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah, bagaimana etika dalam pandangan Islam, bagaimana etika dakwah Nabi Muhammad, bagaimana implementasi etika dakwah da’i Perkotaan Banda Aceh, apa saja kegiatan da’i perkotaan Banda Aceh. tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana etika dalam pandangan Islam, untuk mengetahui bagaimana etika Nabi Muhammad, untuk mengetahui bagaimana implementasi etika dakwah da’i Perkotaan Banda Aceh. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kepustakaan (library research) dan pendekatan lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa etika dalam pandangan Islam adalah sesuatu yang sesuai dengan fitrah dan akal pikiran yang lurus serta sesuai dengan tutunan ajaran Al-Qur’an dan sunnah Rasulnya di dalamnya terdapat nilai yang luhur dan sifat yang terpuji. Etika dakwah Nabi Muhammad dalam berdakwah adalah secara lemah lembut, sopan, tegas, murah hati, dan bijak. Implementasi etika dakwah da’i sudah menjalankan seperti etika dakwah Rasul, tetapi masih ada da’i tidak sepenuhnya meneladani etika Nabi dalam berdakwah, karena dalam melaksanakan dakwah, para da’i banyak canda tawanya dari pada menyampaikan isi pesan-pesan dakwah kepada mad’unya dan dakwah dijadikan sebagai lahan bisnis mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Juhari, M. Si 2.Sakdiah, S.Ag, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Etika, Dakwah, Da’i, Nabi Muhammad
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 08 Sep 2017 01:29
Last Modified: 08 Sep 2017 01:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/594

Actions (login required)

View Item View Item
TOP