Kepemimpinan Ganda dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Nonformal Dayah Ar-Rahmah dan TK Tahfizul Qur'an Aceh Besar

Nurul A'la, 140206002 (2018) Kepemimpinan Ganda dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Nonformal Dayah Ar-Rahmah dan TK Tahfizul Qur'an Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Kepemimpinan Ganda]
Preview
Text (Membahas tentang Kepemimpinan Ganda)
Nurul A'la.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Kepemimpinan Ganda]
Preview
Text (Membahas tentang Kepemimpinan Ganda)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (104kB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan ganda merupakan kepemimpinan yang dilakukan oleh seorang pemimpin dalam memimpin dua lembaga pendidikan sekaligus, untuk dapat memimpin kedua lembaga tersebut membutuhkan seorang pemimpin yang berkemampuan tinggi dalam mengelola lembaga pendidikan. Keberhasilan kepemimpinan ganda dalam pengelolaan lembaga pendidikan nonformal ini ditentukan oleh keberhasilan pimpinan dalam mengelola tenaga kependidikan dan segala kebutuhan yang tersedia di lembaga pendidikan, namun permasalahan yang terjadi yaitu kekurangan tenaga pendidikan, sarana dan prasarana, dan keuangan sekolah. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui strategi kepemimpinan ganda dalam pengelolaan lembaga pendidikan nonformal Dayah Ar-Rahmah dan TK Tahfizul Qur’an, kendala kepemimpinan ganda dalam pengelolaan lembaga pendidikan nonformal dan solusi kepemimpinan ganda dalam pengelolaan lembaga pendidikan nonformal. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, tenaga pengajar, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Pertama, strategi kepemimpinan ganda dalam pengelolaan lembaga pendidikan nonformal (1) memberi motivasi karyawan, (2) menata lingkungan belajar yang asri dan nyaman dalam lembaga, (3) penetapan kebijakan terkait kekurangan keuangan lembaga, (4) pembagian waktu pengawasan lembaga, (5) merekrut tenaga pengajar yang profesional. Kedua, Kendala kepala sekolah dalam pengelolaan lembaga pendidikan nonformal yaitu; (1) aspek tenaga pengajar (2) aspek guru dan siswa, (3) aspek waktu, (4) aspek keuangan. Ketiga, Solusi kepala sekolah dalam pengelolaan lembaga pendidikan nonformal, yaitu; 1) memberikan arahan, pemahaman, dan pembinaan yang baik, meminta bantuan santri yang ada di Dayah, (2) menyerahkan pengelolaan lembaga kepada staf lembaga yang pimpinan kepada orang yang percayai, (3) proses belajar di Dayah dilaksanakan pada malam hari dan proses belajar di TK dilaksanakan pada pagi hari, (4) mengadakan rapat dengan wali santri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Basidin Mizal M.Pd 2. Mumtazul Fikri S.Pd.I M.A
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Ganda, Pengelolaan, Pendidikan Nonformal
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial > 303.3 Koordinasi dan pengawasan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nurul A'la M. Hasan
Date Deposited: 11 Dec 2018 09:58
Last Modified: 11 Dec 2018 09:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5942

Actions (login required)

View Item
View Item