Keterampilan Proses Sains (Kps) Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) pada Materi Sistem Ekskresi Manusia di SMAN 1 Labuhanhaji

Elma Nurshinta, 281223202 (2018) Keterampilan Proses Sains (Kps) Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) pada Materi Sistem Ekskresi Manusia di SMAN 1 Labuhanhaji. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pembelajar]
Preview
Text (Membahas tentang Pembelajar)
Elma Nurshinta.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran sains saat ini yang terlihat kurang mengedepankan Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa, padahal aspek keterampilan proses sains merupakan dasar utama pembelajaran sains dalam pembelajaran biologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan pre-test-pos-test control groups design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Labuhanhaji, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 1 berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi untuk melihat perbedaan keterampilan proses sains, soal tes untuk menilai hasil belajar dan lembar angket untuk melihat tanggapan siswa. Analisis keterampilan proses sains menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen yang dibelajarkan melalui model pembelajaran problem based learning lebih tinggi yaitu sebesar 71,8% atau dikategorikan aspek keterampilan siswa baik dari pada kelas kontrol yang dibelajarkan tanpa melalui model pembelajaran problem based learning sebesar 57,3% atau dikategorikan aspek keterampilan proses sains siswa cukup. Analisis hasil belajar menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar yang dibelajarkan melalui model pembelajaran problem based learning dari pada kelas kontrol yang dibelajarkan tanpa melalui model pembelajaran problem based learning, dimana nilai thitung sebesar 11,7 dan nilai ttabel 2.01, sehingga Ha dapat diterima dan H0 ditolak. Respon siswa yang menyatakan sangat setuju dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebanyak 83,03% dari 29 sampel, hal ini menunjukkan bahwa hasil tanggapan siswa secara umum terhadap model problem based learning menunjukkan kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Ibu Eva Nauli Taib, M.Pd 2.Ibu Eriawati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Proses Sains (KPS), Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Sistem Ekskresi Manusia.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Elma Nurshinta
Date Deposited: 30 Nov 2018 08:31
Last Modified: 04 Dec 2018 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5949

Actions (login required)

View Item
View Item