Penggunaan Software Wingeom terhadap Hasil Belajar Geometri Siswa SMPN 1 Sawang

Rika Afrilia, 261324636 (2018) Penggunaan Software Wingeom terhadap Hasil Belajar Geometri Siswa SMPN 1 Sawang. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Penggunaan Software Wingeom]
Preview
Text (Membahas tentang Penggunaan Software Wingeom)
Rika Afrilia.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Penggunaan Software Wingeom]
Preview
Text (Membahas tentang Penggunaan Software Wingeom)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (743kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar matematika khususnya pada materi geometri bangun ruang di kelas VIII SMP masih belum optimal. Banyak faktor yang menyebabkan siswa mengalami masalah dalam mempelajari matematika, di antaranya faktor internal dan faktor eksternal. Salah satu faktor eksternal adalah media pembelajaran yang menjadi fokus peneliti dalam penelitian ini. Media diperlukan dalam membelajarkan siswa agar siswa mudah belajar. Salah satunya adalah menggunakan software wingeom sebagai perangkat lunak komputer matematika dinamik untuk topik geometri. Program aplikasi komputer ini dirancang untuk mendukung pembelajaran geometri baik dimensi dua maupun dimensi tiga serta geometri hiperbolis dan geometri bola. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan media software wingeom dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media alat peraga pada materi limas di kelas VIII SMPN 1 Sawang. Rancangan penelitian ini menggunakan quasi eksperiment dengan desain posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Sawang yang berjumlah 75 orang. Dan sampel yang terpilih adalah kelas VIII-2 dan VIII-3. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi α=0,05. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa t_hitung>t_tabel yaitu 1,99  1,68 sehingga〖 H〗_0 ditolak dan H1 terima. Ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media software wingeom lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan media alat peraga pada materi limas di kelas VIII SMPN 1 Sawang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. H. Nuralam, M.Pd 2. Khairatul Ulya, S.Pd.I, M.Ed
Uncontrolled Keywords: Software Wingeom, Geometri, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Rika Afrilia
Date Deposited: 04 Dec 2018 10:20
Last Modified: 04 Dec 2018 10:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5967

Actions (login required)

View Item
View Item