Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dan Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Laju Reaksi di SMA Negeri 8 Banda Aceh

Gusti Rahman, 140208025 (2018) Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dan Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Laju Reaksi di SMA Negeri 8 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Siswa)
Gusti Rahman.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Membahasa tentang Strategi Pembelejaran Berbasis Masalah terhadap Siswa)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar yang dilakukan di sekolah saat ini kurang memberikan hasil yang maksimal, hal ini disebabkan karena kurangnya perhatian seorang guru terhadap karakteristik siswa yaitu gaya kognitif sebelum menerapkan suatu strategi pembelajaran ataupun model pembelajaran yang tepat. Rendahnya hasil belajar kimia khususnya pada materi laju reaksi disebabkan materi laju reaksi merupakan materi yang abstrak serta memelukan analisis perhitungan. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah dan gaya kognitif terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi di SMAN 8 Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan gaya kognitif terhadap hasil belajar siswa setelah diterapkan strategi pembelajaran berbasis masalah dan respon siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah pada materi laju reaksi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, jenis penelitian ini adalah pra-eksperimental jenis one-shot case study. Sampel penelitian ini adalah siswa/i kelas XI IA-1 SMAN 8 Banda Aceh yang berjumlah 29 orang. Hasil uji t independen didapatkan bahwa nilai signifikan adalah 0,0125 < 0,05 yang mana H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan gaya kognitif field independent lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent jika diajarkan dengan menerapkan strategi pembelajaran bebasis masalah pada materi laju reaksi di SMAN 8 Banda Aceh. Sedangkan hasil respon siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah pada materi laju reaksi setelah persentase jawaban siswa dirata-ratakan ialah sebesar 76,97, sehingga dapat disimpulkan bahwa respon siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah yang diterapkan guru pada materi laju reaksi adalah sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Muammar Yulian, M.Si 2. Sri Mawaddah, M.A
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah, Gaya Kognitif, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Gusti Rahman
Date Deposited: 06 Dec 2018 06:11
Last Modified: 06 Dec 2018 06:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5969

Actions (login required)

View Item View Item
TOP