Rizky Sabanna, 261222865 (2018) Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Turunan di Kelas XI SMA Negeri 1 Gandapura. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Rizky Sabanna.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB) | Preview
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (641kB) | Preview
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa salah satu penyebabnya adalah dominannya proses belajar konvensional, dimana suasana kelas cenderung berpusat pada guru sehingga siswa menjadi pasif. Untuk mengatasi masalah tersebut banyak sekali model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk menarik perhatian siswa sehingga dapat memaksimalkan hasil belajar. Salah satu model yang efektif dan cukup menarik perhatian siswa adalah Snowball Throwing. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada materi turunan di kelas XI SMA N 1 Gandapura dengan menggunakan model Snowball Throwing dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi turunan di kelas XI SMA N 1 Gandapura dengan menggunakan model Snowball Throwing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui lembar tes, lembar observasi siswa, lembar angket motivasi dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis menggunakan rumus persentase dan untuk angket motivasi menggunakan Skala Likert . Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa termasuk dalam kategori interval baik/tinggi/sering/lengkap dan sangat baik/sangat tinggi/selalu/sangat lengkap. Secara umum berdasarkan hasil analisis angket dapat dikatakan bahwa setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model Snowball Throwing siswa memiliki keinginan untuk belajar atau termotivasi dengan baik. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaraan kooperatif tipe Snowball Throwing. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa pada tes awal, siswa yang tuntas atau yang memenuhi KKM sebesar 1,32%. Setelah melakukan pembelajaran dengan model Snowball Throwing pada siklus I persentase hasil belajar sebesar 86,36% dan siklus II sebesar 90,90%. Hal ini mengalami peningkatan sebesar 4,54% dan pada tes akhir mengalami peningkatan sebesar 0,40% dengan persentase tes akhir sebesar 91,30%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Dra. Hafriani, M.Pd. 2. Novi Trina Sari, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Model Metode Snowball Throwing, Motivasi dan Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rizky Sabanna |
Date Deposited: | 11 Dec 2018 03:10 |
Last Modified: | 11 Dec 2018 03:10 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5985 |