Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Keterampilan Proses pada Materi Laju Reaksi

Fitriadi, 291223277 (2018) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Keterampilan Proses pada Materi Laju Reaksi. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Lembar Kerja Siswa)
Fitriadi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

LKS merupakan suatu bahan ajar cetak berupa lembaran-lembaran kertas yang berisi materi, ringkasan, dan petunjuk-petunjuk pelaksanaan tugas pembelajaran yang harus dikerjakan siswa, yang mengacu pada kompetensi dasar yang harus dicapai. Keberadaan LKS memberi pengaruh yang besar bagi siswa, dan dapat membantu menumbuhkan minat siswa dalam belajar serta mendorong agar siswa lebih aktif. Namun keberadaan LKS saat ini di sekolah MAN 3 Banda Aceh sangat jarang digunakan. Permasalah dalam skripsi ini adalah Bagaimanakah efektifitas pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis keterampilan proses pada materi Laju Reaksi? Bagaimana respon siswa terhadap pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis keterampilan proses pada materi Laju Reaksi?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau lebih dikenal dengan sebutan R&D (Research and Development). Versi yang digunakan dalam penelitian ini adalah versi Borg dan Gall. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi, angket tanggapan guru dan siswa, serta hasil evaluasi siswa. Adapun persentase kelayakan isi sebesar 2,0 dan 2,3 dengan kriteria layak dengan revisi, untuk kelayakan penyajian persentasenya sebesar 3,3 dan 3,5 yang kriterianya layak tanpa revisi, sedangkan untuk persentase kelayakan bahasa yang satunya sebesar 2,6 artinya kriteria layak tanpa revisi, akan tetapi untuk validator bahasa yang satunya lagi persentasenya 2,4 yaitu layak dengan revisi. Selanjutnya di uji coba kepada 31 siswa kelas XI MIA 1 MAN 3 Banda Aceh. Dari hasil uji coba didapat tanggapan guru dan siswa secara keseluruhan menunjukkan tanggapan yang baik terhadap penggunaan lembar kerja siswa (LKS) berbasis keterampilan proses dalam pembelajaran. Dimana skor persentase tangapan guru dan siswa 78% dan 97,9% yang artinya lembar kerja siswa berbasis keterampilan proses di MAN 3 Banda Aceh termasuk dalam katagori sangat baik. Selain itu, dari hasil evaluasi didapat 80,6% dari total keseluruhan siswa nilainya diatas KKM yaitu antara 75-85, sedangkan 19,4% nilainya dibawah KKM yaitu antara 53-73. Dengan demikian, LKS Berbasis Keterampilan Proses dapat dikatakan efektif untuk dikembangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Ir Amna Emda. M.Pd 2.Safrijal. M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Lembar Kerja Siswa, Keterampilan Proses, Laju Reaksi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Fitriadi Syamsuddin
Date Deposited: 07 Dec 2018 10:00
Last Modified: 07 Dec 2018 10:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6021

Actions (login required)

View Item View Item
TOP