Manajemen Sarana dalam Peningkatan Proses Pembelajaran di MIN 11 Kota Banda Aceh

Iyana, 140206063 (2018) Manajemen Sarana dalam Peningkatan Proses Pembelajaran di MIN 11 Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Iyana.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (801kB) | Preview

Abstract

Manajemen sarana adalah kegiatan pengelolaan sarana yang dilakukan oleh sekolah dalam upaya menunjang seluruh kegiatan, baik dalam kegiatan pembelajaran maupun kegiatan lain. Setiap sekolah harus mempunyai manajemen sarana yang bagus, sehingga seluruh kegiatan belajar dapat berjalan dengan efektif dan efesien. Adapun masalah yang ada di MIN 11 Kota Banda Aceh masih belum memenuhi standar sarana untuk menunjang proses pembelajaran seperti Laboratorium IPA belum terpenuhi kelengkapannya, sehingga siswa di sekolah ini belum di katakan efektif dalam belajar karena alat- alat yang di butuhkan oleh siswa belum lengkap, dan ruang perpustakaannya masih belum memadai. siswa di MIN 11 Kota Banda Aceh mereka belum semangat dalam membaca, di karenakan buku- buku yang ada di perpustakaan belum lengkap untuk mereka, sebagian siswa lebih memilih membaca di luar karena ruang perpustakaan yang masih sempit. Tujuan penelitian dalam skripsi ini untuk mengetahui pelaksanaan manajemen sarana di MIN 11 Kota Banda Aceh, dan untuk mengetahui apa saja kendala manajemen sarana di MIN 11 Kota Banda Aceh dalam peningkatan proses pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka sarana dan prasarana, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelaksanaan Manajemen sarana di MIN 11 Kota Banda Aceh dilakukan melalui 5 tahap, yaitu: (1) Perencanaan sarana dan prasarana, dalam proses ini harus dilakukan dengan cara mengadakan rapat bersama untuk menampung semua usulan dari seluruh wali kelas dan tenaga- tenaga pengajar tentang sarana dan prasarana apa saja yang dibutuhkan dalam menunjang proses pembelajaran, (2) pengadaan sarana dan prasarana, diambil berdasarkan masukan dari seluruh dewan guru, tenaga kebersihan dan lainnya, terhadap apa saja yang dibutuhkan. (3) inventarisasi sarana dan prasarana, kegiatan ini dilakukan setiap satu semester sekali. (4) pemeliharaan dan pengawasan sarana dan prasarana, dilakukan apabila barang atau peralatan tersebut bisa diperbaiki oleh pihak sekolah atau sudah tidak bisa diperbaiki maka mereka akan mendatangkan ahli untuk memperbaikinya. (5) penghapusan sarana dan prasarana, jarang dilakukan. Salah satu kendala manajemen sarana di MIN 11 Kota Banda Aceh kurangnya peralatan yang akan digunakan untuk menunjang proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Yusri M. Daud. M.Pd 2. Nurussalami S.Ag, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sarana, Pembelajaran
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Iyana -
Date Deposited: 12 Dec 2018 07:59
Last Modified: 12 Dec 2018 07:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6030

Actions (login required)

View Item
View Item