Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give untuk Meningkatakan Hasil Belajar Siswa pada Materi Segi Empat Di Kelas VII SMP Negeri 7 Satap Bandar Baru

Ninik Camila, 261324604 (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give untuk Meningkatakan Hasil Belajar Siswa pada Materi Segi Empat Di Kelas VII SMP Negeri 7 Satap Bandar Baru. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran)
Ninik Camila.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika masih dipandang mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi. Hingga saat ini masih banyak kita temui siswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajari matematika. Hal ini mempengaruhi hasil belajar siswa terutama pada materi segi empat. Namun Hasil belajar yang baik dapat diperoleh bila proses pembelajaran yang dilakukan berkualitas sehingga siswa dapat memahami materi yang diajarkan dengan baik. Salah satu upaya yang bisa dilakukan dalam meningkatkan hasil belajar siswa terutama pada materi segi empat dengan menerapkan model pembelajaran tipe Take and Give. Model pembelajaran Take and Give merupakan strategi pembelajaran yang didukung oleh penyajian data yang diawali dengan pemberian kartu kepada siswa yang didalamnya kartu itu sendiri ada catatan yang harus dipahami oleh masing-masing siswa. Dengan menggunakan model pembelajaran tipe Take and Give siswa bukan hanya mempelajari materi yang diberikan oleh guru tetapi siswa juga dapat belajar melalui teman sehingga pengetahuan siswa menjadi bertambah. Subjek penerapan penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Satap Bandar Baru. Rancangan penelitian ini menggunakan jenis Quasi Eksperimen yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran tipe Take And Give lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung dan Model pembelajaran kooperatif tipe Take And Give dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 7 Satap Bandar Baru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Hafriani., M.Pd. 2. Kamarullah, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Take and Give, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Ninik Camila
Date Deposited: 19 Dec 2018 01:59
Last Modified: 19 Dec 2018 01:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6063

Actions (login required)

View Item
View Item