Dina Yustina Fajar, 261222875 (2018) Penerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap Pemahaman Konsep Segi Empat pada Siswa Kelas VII MTsN 3 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Dina Yustina Fajar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB) | Preview
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (984kB) | Preview
Abstract
Rendahnya pemahaman konsep matematika siswa SMP/MTs di Indonesia dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya, siswa cenderung belajar pada konsep berhitung, menghafal rumus, mempelajari contoh soal dan jawaban yang pernah dibahas dibuku catatan bukan memahami konsep. Hal ini dapat dilihat pada sebagian besar materi matematika yang diajarkan termasuk materi segi empat. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mengatasi rendahnya pemahaman konsep segi empat yaitu model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan kemampuan pemahaman konsep segi empat dengan menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dan model konvensional pada siswa kelas VII MTsN 3 Aceh Besar, (2) kemampuan pemahaman konsep segi empat siswa setelah di terapkan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dapat mencapai ketuntasan belajar. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen Control Group Pre Test Post Test Design. Pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah siswa/siswi MTsN 3 Aceh Besar. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-A dan Kelas VII-C. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi kemampuan guru mengajar. Berdasarkan hasil pengolahan data (1) diperoleh bahwa sesuai dengan pengujian hipotesis pada taraf signifikansi ∝ = 0,05 diperoleh nilai value 0,02, karena 0,02 < 0,05, maka tolak H0 dan terima H1. Dari hasil pengolahan data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep segi empat menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII MTsN 3 Aceh Besar. (2) diperoleh nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep segi empat skelas eksperimen 74 lebih tinggi apabila di bandingkan dengan nilai KKM siswa 65. Dari hasil pengolahan data tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep segi empat siswa setelah di terapkan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dapat mencapai ketuntasan belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Dra. Hafriani, M.Pd. 2. Herawati, S.Pd.I., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, ATI, Konsep Segi Empat |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dina Yustina Fajar |
Date Deposited: | 21 Dec 2018 05:01 |
Last Modified: | 21 Dec 2018 05:01 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6094 |