Status Sosial Masyarakat yang Berpendidikan (Studi Di Gampong Lhok Kruet Kecamatan Sampoiniet Kabupaten Aceh Jaya)

Assyari, 441106497 (2018) Status Sosial Masyarakat yang Berpendidikan (Studi Di Gampong Lhok Kruet Kecamatan Sampoiniet Kabupaten Aceh Jaya). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang status sosial masyarakat)
Assyari.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi setiap individu manusia, karena dengan pendidikaan dapat tercapai segala tujuan individu manusia. Selain itu, pendidikan juga dapat menyelesaikan segala masalah sosial yang ada di dalam kehidupan masyarakat. Pendidikan dijadikan sebagai jembatan untuk terciptanya kedudukan yang lebih baik di dalam kehidupan masyarakat. Masyarakat percaya semakin tinggi pendidikan yang diraih semakin besar harapan untuk diperoleh. Dengan demikian terbukanya kesempatan untuk meningkatkan status sosial individu yang lebih tinggi. Dari sekian banyak lulusan sarjana S1 yang dilahirkan oleh perguruan tinggi banyak sarjana itu tidak dipergunakan oleh masyarakat dan pemerintah. Oleh sebab itu sarjana S1 tidak bisa meningkatkan status sosial mereka di dalam masyarakat, serta membuat sumber daya yang dimiliki sarjana S1 tersebut menjadi sia-sia. Masyarakat berlomba untuk mendapatkan akses pendidikan yang setinggi-tingginya, masyarakat sangat percaya bahwa dengan pendidikan itu dapat terjadinya perubahan sosial dalam hidupnya, namun yang terjadi sebaliknya tidak yang seperti diharapkan. Terdapat 15 sarjana S1 di Gampong Lhok Kruet yang dijadikan sampel penelitian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kondisi pendidikan masyarakat di Gampong Lhok Kruet, Kecamatan Sampoiniet, Kabupaten Aceh Jaya? (2) Bagaimana status sosial masyarakat yang berpendidikan di Gampong Lhok Kruet, Kecamatan Sampoiniet, Kabupaten Aceh Jaya?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan purposif sampling. Jumlah sampel yang diteliti sebanyak 15 orang yang terdiri dari sarjana S1. Metode pengolahan data yag digunakan dalam penelitian ini adalah: data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclusion drawing/ verification (kesimpulan dan verifikasi). Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa: rata-rata masyarakat Gampong Lhok Kruet orang yang berpendidikan semua, kondisi yang baik ini dilihat dari banyaknya masyarakat yang menempuh pendidikan, walaupun ekonomi keluarga mereka lemah tapi semangat pendidikan sangat tinggi. Disamping itu infrastruktur pendidikan yang lengkap di Gampong Lhok Kruet, sehingga akses pendidikan yang diterima sangat baik. Mayoritas sarjana pendidikan yang telah menamatkan pendidikan dipergunakan sumber daya pendidikannya, baik itu oleh pemerintah dan masyarakat. Setelah menyelesaikan pendidikan tinggi, mayoritas sarjana S1 yang ada di Gampong Lhok Kruet dipergunakan sumber daya sarjana S1 tersebut, sehingga mendongkrak perubahan status sosial mereka di dalam masyarakat, hal ini dibuktikan dengan diikut sertakan dalam pemerintah gampong atau diluar pemerintahan dan juga diminta untuk memberikan usulan atau menyelesaikan persoalan yang ada di Gampong Lhok Kruet.
Kata Kunci: Pendidikan, Status Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Bapak Drs. Muchlis Aziz, M.Si 2.Ibu Rosnida Sari, M.Si., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Status Sosial, Masyarakat
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 361 Masalah dan pelayanan kesejahteraan sosial pada umumnya > 361.1 Masalah sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Assyari Diwan
Date Deposited: 31 Dec 2018 09:54
Last Modified: 31 Dec 2018 09:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6133

Actions (login required)

View Item View Item
TOP