Efektivitas Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas II MIN 22 Aceh Besar

Abrarurrazy. H, 201325216 (2018) Efektivitas Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas II MIN 22 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Efektivitas Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS))
Abrarurrazy. H.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Membahas tentang Efektivitas Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS))
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas keterampilan membaca yang merupakan salah satu aspek dalam membaca permulaan. Dalam membaca permulaan siswa belajar menguasai teknik membaca dan menangkap isi bacaan dengan baik. Beberapa faktor yang menjadi penyebab kesulitan siswa dalam membaca yaitu Siswa masih membaca dengan suara yang belum jelas dan belum tepat dalam pengucapannya. Siswa masih kesulitan memahami kata dan kalimat yang dibacanya. Pembelajaran membaca permulaan yang dilakukan hanya terbatas dengan penggunaan metode konvensional, sehingga kurang merangsang siswa berpartisipasi aktif.Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran membaca permulaan adalah metode Struktur Analitik Sintetik (SAS). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1 dan 2) Bagaimanakah keterampilan siswa dalam membaca permulaan dengan menggunakan metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) dan metode konvensional. Selanjutnya (3) metode manakah yang lebih efektif digunakan dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa, metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) atau metode konvensional. Tujuan penelitian ini (1 dan 2) Untuk mendeskripsikan hasil pembelajaran membaca permulaan siswa kelas II MIN 22 Aceh Besar yang diajarkan dengan menggunakan metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) dan metode konvensional, selanjutnya (3) Untuk mengetahuimetode mana yang lebih efektif digunakan dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa, metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) atau metode konvensional. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan desain none equivalent control group design, dimana desain ini memilih kelompok tidak secara random dan kedua kelompok diberikan pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil analisis data penelitian didapatkan bahwa keterampilan siswa dalam membaca permulaan menggunakan metode SAS pada kelas eksperimen sangat membantu siswa dalam proses belajar di kelas dan dengan metode konvensional pada kelas kontrol lebih bersifat teacher centered. Perbandingan hasil belajar siswa menggunakan metode struktur analitik sintetik (SAS)dengan metode konvensional adalah sama, tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini terbukti pada taraf kepercayaan 5% dan derajat kebebasan dk = 45 diperoleh ttabelt0.9 = 2,022dan thitung = 0,105. Maka thitung ≤ ttabel atau 0,105 ≤ 2,022.Dengan demikian, sesuai pengujian hipotesis bahwa H0 diterima dan Ha ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Tasnim Idris, M.Ag. 2. Silvia Sandi Wisuda Lubis, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode SAS, Metode Konvensional
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Abrarurrazy. H
Date Deposited: 04 Jan 2019 09:21
Last Modified: 04 Jan 2019 09:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6153

Actions (login required)

View Item View Item
TOP