Pengelolaan Kelas Berbasis Pengelompokkan Jenis Kelamin (Gender) di SMAN 11 Banda Aceh

Septia Marwani, 140206035 (2018) Pengelolaan Kelas Berbasis Pengelompokkan Jenis Kelamin (Gender) di SMAN 11 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas Tentang Gender)
Septia Marwani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Membahas Tentang Gender)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (918kB) | Preview

Abstract

Pengelolaan kelas merupakan salah satu keterampilan guru untuk mengelola kelas dengan baik, sistem pengelolaan kelas di sekolah ini berbasis pengelompokkan jenis kelamin yang memisahkan kelas laki-laki dan perempuan. Akan tetapi, guru harus ekstra dalam mengajar di kelas laki-laki, dan pada kelas laki-laki kurangnya semangat belajar. Tujuan skripsi ini ialah untuk mengetahui pelaksanaan pengelolaan kelas berbasis pengelompokkan jenis kelamin (gender) di SMAN11 Banda Aceh, untuk mengetahui pendekatan pengelolaan kelas berbasis pengelompokkan jenis kelamin (gender) di SMAN 11 Banda Aceh, untuk mengetahui kendala dan solusi dalam pengelolaan kelas berbasis pengelompokkan jenis kelamin (gender) di SMAN 11 Banda Aceh. Jenis penelitian berupa deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini ialah kepala sekolah, 2 orang guru bidang studi, 2 orang siswa. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pertama; pelaksanaan pengelolaan kelas berbasis pengelompokkan jenis kelamin berjalan dengan baik, hal ini terlihat dari beberapa fakta berikut; (1) proses pembelajaran terlaksana dengan efektif, terbuka dan efesien.; (2) meningkatnya penghargaan terhadap lawan jenis; (3) berkurangnya bully gender; (4) meningkatnya minat masyarakat; (5) meningkatnya akhlak terpuji siswa. Kedua; pendekatan pengelolaan kelas berbasis pengelompokkan jenis kelamin ialah pendekatan elektis atau pluralitis yang mengkombinasikan dua pendekatan yaitu pendekatan individual dan pendekatan kekeluargaan. Ketiga; kendala pengelolaan kelas berbasis pengelompokkan jenis kelamin terdapat pada aspek peserta didik, guru, sarana/prasarana dan lingkungan masyarakat. Adapun solusi yang dapat ditawarkan adalah; (1) meningkatkan pembinaan terhadap karakter peserta didik; (2) meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola kelas; (3) meningkatkan pengawasan terhadap sarana prasarana sekolah; (4) meningkatkan komunikasi antara pihak sekolah dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Basidin Mizal, M.Pd. 2. Mumtazul Fikri, S.Pd,I.,M.A
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Kelas, Pengelompokkan, Jenis Kelamin (gender)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Septia Marwani
Date Deposited: 11 Jan 2019 10:04
Last Modified: 27 Mar 2019 07:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6157

Actions (login required)

View Item View Item
TOP