Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Usaha dan Energi di SMA Negeri 1 Lhoong Aceh Besar

Yuli Rahmi, 251222833 (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Usaha dan Energi di SMA Negeri 1 Lhoong Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI)]
Preview
Text (Membahas tentang Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI))
Yuli Rahmi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI)]
Preview
Text (Membahas tentang Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI))
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (241kB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar yang dilakukan di sekolah saat ini kurang memberikan hasil yang maksimal, pembelajaran hanya berpusat pada guru, guru tidak melibatkan siswa dalam proses belajar-mengajar sehingga siswa merasa bosan dan tidak tertarik untuk mempelajari fisika. Hal ini menyebabkan nilai ulangan siswa pada mata pelajaran fisika tidak tuntas. Rendahnya hasil belajar fisika khususnya pada materi usaha dan energi disebabkan karena siswa sulit untuk mengkaitkan masalah yang ada pada materi dengan kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian tentang pengaruh model pembelajaran problem based instruction (PBI) terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based instruction (PBI) terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen berupa quasi eksperimen dengan desain pre-tes post-test control group design. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Purposive Sampling sehingga diperoleh siswa kelas XMIPA1 SMA Negeri 1 Lhoong sebagai kelas eksperimen dan kelas XMIPA2 sebagai kelas kontrol masing-masing kelas berjumlah 23 siswa. Analisis data menggunakan Uji-t dua sampel independen, diperoleh hasil skor rata-rata posttest kelas eksperimen berbeda dengan rata-rata skor posttest kelas kontrol dengan thitung> ttabel yaitu 3,27 > 1,68 pada taraf signifikan α=0.05%. Hal ini menyatakan bahwa model pembelajaran problem based instruction (PBI) dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik pada materi usaha dan energi di SMA Negeri 1 Lhoong.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Gunawati,M.Si 2. Arusman, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Problem Based Instruction, Usaha dan Energi, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Yuli Rahmi
Date Deposited: 27 Mar 2019 07:11
Last Modified: 27 Mar 2019 07:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6161

Actions (login required)

View Item
View Item