Pengaruh Keteladanan Guru terhadap Moralitas Siswa di SMPN 1 Mesjid Raya

Afrizal Faqri, 211323788 (2018) Pengaruh Keteladanan Guru terhadap Moralitas Siswa di SMPN 1 Mesjid Raya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Keteladanan Guru)
Afrizal Faqri.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengaruh Keteladanan Guru terhadap Moralitas Siswa di SMPN 1 Mesjid Raya”. Guru-guru di SMPN 1 Mesjid Raya Sudah berkerja semaksimal mungkin untuk mencontohkan prilaku-prilaku yang baik kepada siswa-siswanya dengan melaksanakan peraturan-peraturan yang di buat oleh sekolah. Namun kenyataannya masih banyak para siswa yang belum meneladaninya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana bentuk keteladanan yang diterapkan di SMPN 1 Mesjid Raya? Bagaimana pengaruh keteladanan guru terhadap moralitas siswa di SMPN 1 Mesjid Raya? Penelitian ini menggunakan metode penyebaran angket dengan mengambil beberapa subjek dari siswa. Angket keteladanan guru berjumlah 10 item pernyataan dengan pilihan jawaban a, b, c dan d. Angket moralitas siswa terdiri dari 10 item pernyataan dengan pilihan jawaban a, b, c dan d. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan di SMPN 1 Mesjid Raya menunjukkan bahwa bentuk keteladanan yang diterapkan yaitu kedisiplinan dalam melaksanakan peraturan sekolah, tingkah laku, kebersiahan, dan kesopanan dalam berbicara. Adapun pengaruh antara keteladanan guru terhadap moralitas siswa yaitu berdasarkan jawaban angket siswa, setelah dilakukan rekapitulasi antara variabel X dan Variabel Y, dengan menggunakan rumus kolerasi product moment sehingga diperoleh nilai rxy sebesar 0,519 kemudian konsultasikan dengan rtabel product moment dengan N = 40, pada tarif signifikan 5% diperoleh nilai 0,320 dan pada tarif signifikan 1% diperoleh nilai 0,413. Dengan demikian nilai rxy lebih besar dari pada nilai r pada tabel, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa ada kolerasi antara keteladanan guru dengan moralitas siswa. Dan setelah dihitung koefesien determinasi Y terhadap X memperoleh nilai sebasar 34,9281 atau 35%. Dengan demikian maka moralitas siswa dipengaruhi oleh keteladanan guru hanya 35%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. H. Muhibbuthabry, M.Ag 2.Saifullah Maysa, S. Ag, MA
Uncontrolled Keywords: Keteladanan, Guru, Moralitas
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Afrizal Faqri
Date Deposited: 03 Jan 2019 08:50
Last Modified: 03 Jan 2019 09:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6176

Actions (login required)

View Item View Item
TOP