Rizwan, 271223039 (2018) Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Penerapan Disiplin Siswa di SMA Inshafuddin Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Rizwan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB) | Preview
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (410kB) | Preview
Abstract
Adapun tujuan bimbingan dan konseling adalah membantu siswa memecahkan kesulitan yang dihadapi dalam aktivitas belajar salah satu fokusnya adalah disiplin yang harus dan wajib dimilikinya, fenomena di lapangan siswa sering datang telat kesekolah, merokok yang dilakukan oleh sekelompok siswa di wc, saat jam pelajran ngobrol ketika guru sedang menjelaskan materi pelajaran dan suka menjahili kawanya sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru bimbingan dan konseling dalam penerapan disiplin di SMA Inshafuddin Banda Aceh, untuk mengetahui kendala dalam penerapan disiplin di SMA Inshafuddin Banda Aceh, untuk mengetahui solusi terhadap kendala dalam penerapan disiplin siswa di SMA Inshafuddin Banda Aceh, penelitian ini mengunakan pendekatan deskriptif analisis, dengan metode kualitatif bersifat field research, dengan teknik pengumpulan data dilakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling kepala sekolah dan siswa di SMA Inshafuddin Banda Aceh. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi guru bimbingan dan konseling dalam penerapan disiplin siswa di SMA Inshafuddin Banda Aceh yaitu dengan mengunakan metode, pembiasaan perilaku terpuji, yaitu datang tepat waktu kesekolah dan berpakaian rapi, dan teratur tertib di kelas,dan menghargai pendapat orang lain. contoh/teladan yang diperagakan langsung oleh guru bimbingan dan konseling yaitu tidak buang sampah sembarangan mengunkan bahasa yang sopan dalam berkomunikasi, serta menghargai waktu sebaik mungkin seperti sholat berjamaah tepat waktu dan masuk keruang belajar tepat waktu ketiga nasehat berupa teguran terhadap berbagai perilaku yang menyimpang yang diangap merugikan, keempat pengawasan terhadap siswa yang tidak untuk memastikan bahwa prilaku siswa sesuai dengan peraturan kelima evaluasi setiap perkembangan prilaku siswa, kendala dalam penerapan disiplin siswa antara lain pertama kurangnya kesadaran diri siswa akan pentingya disiplin, kedua kurangnya kedisiplinan di rumah, serta lemahnya pengawasan orang tua, ketiga kurangnya kepedulian dan ketegasan beberapa guru, keempat solusi terhadap kendala dalam penerapan disiplin siswa antara lain pemberian penghargaan (reward) guna untuk memperkuat perilaku yang ingin dicapai oleh sekolah dan hukuman (punisment,) yaitu untuk mengurangi tingkat pelangaran yang dilakukan oleh siswa-siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : 1. Mumtazul Fikri, S. Pd., MA; 2. Nurussalami, S. Ag. M. Pd |
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru Bimbingna Konseling, Kedisiplinan Siswa |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Rizwan Manaf |
Date Deposited: | 08 Jan 2019 04:06 |
Last Modified: | 08 Jan 2019 04:06 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6190 |