Penggunaan Media Realia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pecahan di Kelas IV

Santri Mulyana, 201121770 (2018) Penggunaan Media Realia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pecahan di Kelas IV. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Penggunaan Media Realia]
Preview
Text (Membahas tentang Penggunaan Media Realia)
Santri Mulyana.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Penggunaan Media Realia]
Preview
Text (Membahas tentang Penggunaan Media Realia)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ilmu matematika banyak memberikan pengaruh dalam pengembangan ilmu teknologi. Hal ini menunjukkan bahwa ilmu Matematika sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Pembelajaran matematika memiliki peranan penting sebagai salah satu kegiatan untuk menuntut ilmu pengetahuan yang manjadi pendukung bagi kemajuan dan kesejahteraan suatu individu khususnya dan suatu bangsa pada umumnya. Salah satu media pembelajaran yang cocok untuk melibatkan siswa secara aktif yaitu media pembelajaran realia. Proses penggunaan media realia dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik di MIN Tungkob Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV2 MIN Tungkob Aceh Besar. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes akhir. Observasi ini digunakan untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan kemampuan siswa dalam proses pembelajaran melalui penggunaan media realia. Tes ini digunakan untuk melihat hasil belajar peserta didik.Tes yang digunakan berbentuk essay. Kemudian hasil aktivitas guru dan siswa dianalisis dengan nilai skor rata-rata dan hasil belajar peserta didik dianalisis dengan rumus persentase. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kemampuan guru meningkat dari 2,73 pada siklus I, meningkat menjadi 3.47 pada siklus II, dan aktivitas siswa dengan penggunaan media realia dalam pembelajaran matematika pada materi pecahan tergolong dalam kategori aktif. Hasil belajar siswa sebesar 54,76% pada siklus I, dan meningkat menjadi 90,47% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan media realia pada materi pecahan lebih aktif dan kreatif dalam memahami materi pecahan sehingga hasil belajar mereka meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Ridhwan, M. Daud, M.Ed. 2. Zikra Hayati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Media Realia, Pecahan.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Santri Mulyana
Date Deposited: 15 Jan 2019 09:33
Last Modified: 15 Jan 2019 09:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6232

Actions (login required)

View Item
View Item