Peran Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pasca Gempa di SD Negeri 3 Meureudu, Pidie Jaya

Rizduan, 271324775 (2018) Peran Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pasca Gempa di SD Negeri 3 Meureudu, Pidie Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Peran Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Peran Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Pembelajaran)
Rizduan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang  Peran Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Peran Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (569kB) | Preview

Abstract

Peran kepala sekolah merupakan hal yang sangat penting dalam pelaksanaan pembelajaran pasca gempa. Kepala sekolah adalah salah satu komponen pendidikan yang paling berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Pelaksanaan pembelajaran merupakan proses belajar mengajar. pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan baik efektif dan efisien. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rusaknya sarana prasarana, media serta trauma yang dialami peserta didik sehingga mempengaruhi proses belajar mengajar di SD Negeri 3 Meureudu. Tujuan dari penelitian dalam skripsi ini untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran pasca gempa di SD Negeri 3 Meureudu, mengetahui peran kepala sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran pasca gempa, serta mengetahui kendala dan solusi kepala sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran pasca gempa. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif, subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran, dan komite sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran kepala sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran pasca gempa sudah berjalan dengan baik, namun dalam pelaksanaan masih memiliki kendala yang dihadapi kepala sekolah dikarenakan bencana yang terjadi secara tiba-tiba dan membutuhkan waktu yang lama untuk memulihkan kondisi sekolah, dan sarana yang dimiliki oleh sekolah banyak yang mengalami kerusakan. Namun setelah setahun berlalu proses belajar mengajar kembali berjalan normal karena pemerintah serta Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) bekerja sama dalam memulihkan kondisi sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbig: 1. Dr. Basidin Mizal, M.Pd 2. Mumtazul Fikri, MA
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Sekolah, Pelaksanaan Pembelajaran, Pasca Gempa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rizduan -
Date Deposited: 22 Jan 2019 03:16
Last Modified: 22 Jan 2019 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6241

Actions (login required)

View Item
View Item