Pengaruh Media Plestisin dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Bentuk Molekul di MAN 3 Kota Banda Aceh

Waode Fusniah, 140208119 (2018) Pengaruh Media Plestisin dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Bentuk Molekul di MAN 3 Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentag Media Plestisin, Gaya Belajar, Hasil Belajar)
Waode Fusniah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Membahas tentang Media Plestisin, Gaya Belajar, Hasil Belajar)
Form B dan Form D .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelajaran kimia dianggap sulit oleh siswa, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran kimia. Salah satunya konsep bentuk molekul yang secara teoritis mengharuskan siswa melihat langsung objek yang dipelajari. Namun penyajian materi terkadang kurang menarik perhatian siswa sehingga berefek pada hasil belajar siswa. Salah satu upaya untuk menarik perhatian siswa dalam proses belajar mengajar yaitu dengan menggunakan media, dalam hal ini peneliti menggunakan media plestisin. Penggunaan media perlu memerhatikan kesesuaian dengan gaya belajar yang dimiliki oleh masing-masing siswa agar proses informasiakan tersampaikan dengan efektif. Sehingga rumusan masalah dalam penelitian iniadalah apakah terdapat pengaruh media plestisin dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada konsep bentuk molekul di MAN 3 Kota Banda Aceh. Penelitian ini merupakan suatu penelitian dengan rancangan atau design yang digunakan adalah pre-experimental design, salah satu jenis designnya adalah one-group pre test￾posttest design. Penentuan sampel dilakukan secara purposive sampling. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah kelas X-MIA3 di MAN 3 Kota Banda Aceh yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah
terdapat pengaruh media plestisin dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa. Untuk mengetahui pengaruh media terhadap hasil belajar telah dilakukan pengolahan
data yang diperoleh dari soal tes berupa pretest dan postest menggunakan SPSS versi 20 melalui uji t paired. Hasil pengujian menunjukkan taraf signifikan sebesar 0.000 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh media plestisin terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap hasil
belajar siswa telah dilakukan pengolahan data dari angket yang telah dibagikan kepada siswa yang kemudian diolah menggunakan SPSS versi 20 melalui uji
ANOVA. Hasil pengujiannya adalah sebesar 0. 0.099 > 0.05 sehingga dapat
disimpulkan tidak terdapat pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Maskur, M.A 2. Safrijal, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Plestisin, Gaya Belajar, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms Waode Fusniah
Date Deposited: 25 Jan 2019 04:32
Last Modified: 25 Jan 2019 04:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6249

Actions (login required)

View Item View Item
TOP