Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit di MAS Al-Manar Aceh Besar

Rizvania, 140208010 (2018) Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit di MAS Al-Manar Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Eksperimen Penelitian]
Preview
Text (Membahas tentang Eksperimen Penelitian)
Rizvania.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Eksperimen Penelitian]
Preview
Text (Membahas tentang Eksperimen Penelitian)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dialami siswa dalam proses pembelajaran sekarang ini, sebagian guru cenderung menggunakan metode ceramah, hal ini memungkinkan siswa menjadi tidak fokus untuk belajar sehingga hasil belajar siswa menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give terhadap hasil belajar, aktivitas dan respon siswa MAS Al-Manar Aceh Besar. Metode yang digunakan yaitu Quasi Eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian ini adalah Pre-experiment One Group Pretest dan Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MAS Al-Manar Aceh Besar, serta sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-A 21 siswa. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas dan respon siswa. Teknik analisis data hasil belajar siswa menggunakan analisis statistik uji-t, observasi aktivitas dan respon siswa dianalisis menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hasil belajar siswa lebih tinggi setelah dibelajarkan terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give. Hal ini dibuktikan dari hasil uji-t diperoleh 4,30, maka thitung > ttabel atau 4,30 > 1,725. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Persentase aktivitas siswa rata-rata sebesar 89% termasuk kategori sangat tinggi dan analisis respon siswa 80,4% tergolong positif. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan hasil belajar siswa lebih tinggi terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit di MAS Al-Manar Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Mujakir, M.Pd.Si; 2. Hayatuz Zakiyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Hasil Belajar, Larutan Elektrolit dan Non elektrolit
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Rizvania Jamilah
Date Deposited: 18 Jan 2019 10:13
Last Modified: 18 Jan 2019 10:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6274

Actions (login required)

View Item
View Item