Kompetensi Pedagogik Guru Bimbingan Konseling di SMP Negeri 1 Teunom Aceh Jaya

Subram Mersi, 271222975 (2017) Kompetensi Pedagogik Guru Bimbingan Konseling di SMP Negeri 1 Teunom Aceh Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Guru; Bimbingan; Pendidikan]
Preview
Text (Guru; Bimbingan; Pendidikan)
Gabungan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

kompetensi pedagogik merupakan kemampuan seorang guru dalam mengelola proses pembelajaran yang berhubungan dengan peserta didik. Pada kenyataanya ditemukan di lapangan ada banyak siswa yang mengalami berbagai kendala dalam belajar, diantaranya bentrok dengan guru, bolos saat jam sekolah, terlambat datang ke sekolah dan masalah-masalah lain kiranya sangat mengganggu proses belajar mengajar di sekolah. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1.Untuk mengetahui tentang metode kompetensi pedagogik, 2.Peningkatan kompetensi pedagogik dan hambatan-hambatan yang dihadapi oleh guru bimbingan konseling. 3.untuk mengetahui hambatan kompetensi pedagogik guru bimbingan konseling di SMP negeri 1 Teunom Aceh Jaya. Tekhnik penggunaan data menggunakan metode kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa metode kompetensi pedagogik dilakukan dengan; 1.menguasai karakteristik peserta didik, menguasasi teori belajar dan prinsip‐prinsip pembelajaran yang mendidik, pengembangan kurikulum, kegiatan pembelajaran yang mendidik, pengembangan potensi peserta didik, komunikasi dengan peserta didik, melakukan penilaian dan evaluasi. Kesimpulannya: 2.Faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan kompetensi pedagogik diantaranya; Latar belakang pendidikan guru, pengalaman guru dalam mengajar, pembinaan dan pelatihan guru, kesehatan guru, penghasilan guru, sarana pendidikan, disiplin dalam bekerja, pengawasan kepala sekolah. Faktor lai mengikuti organisasi-organisasi keguruan dan mengikuti kursus kependidikan. 3.Dan hambatan-hambatan yang ditemui dalam meningkat kompetensi pedagogik guru BK diantaranya; Faktor internal; Latar belakang guru tidak mendukung, kurangnya pengalaman mengajar guru, kurangnya pembinaan dan pelatihan dan minimnya perhatian terhadap kesejahteraan ekonomi guru. Faktor eksternal; Sarana prasaran pendidikan kurang memadai, kurangnya kedisiplinan kerja di sekolah dan kurangnya pengawasan dari kepala sekolah. Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa Kompetensi pedagogik guru bimbingan konseling di SMP Negeri 1 Teunom Aceh Jaya, peran guru BK kurang terlaksana dengan baik, karena masih banyak kendala dan hambatan yang dihadapi, baik dari dalam ataupun dari luar lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Ismail Ansari, MA : 196312311994022002 2. Nurussalami, M.Pd : 197902162014112001
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Pedagogik, Guru, Bimbingan, Konseling
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Subram Mersi Bustamam
Date Deposited: 13 Sep 2017 03:52
Last Modified: 13 Sep 2017 03:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/629

Actions (login required)

View Item
View Item