Pengaruh Profesionalisme Guru Bimbingan dan Konseling terhadap Pengembangan Pribadi Sosial Siswa di MAN 4 Aceh Besar

Farah Dina, 140213083 (2018) Pengaruh Profesionalisme Guru Bimbingan dan Konseling terhadap Pengembangan Pribadi Sosial Siswa di MAN 4 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Pengaruh Professional Guru BK terhadap Pengembangan Pribadi Sosial)
Farah Dina.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Membahas tentang Pengaruh Professional Guru BK terhadap Pengembangan Pribadi Sosial)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (897kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh profesionalisme guru bimbingan konseling terhadap pengembangan pribadi social siswa di MAN 4 Aceh Besar. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif dengan menggunakan pendekatan one sampel statistics, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala likert dengan penyebaran angket kepada siswa untuk mengetahui pengembangan pribadi social siswa. Demikian juga untuk menilai profesionalisme guru Bimbingan dan Konseling. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan pribadi sosial siswa berdasarkan klasifikasi nilai pribadi sosial menunjukkan pada tingkatan sedang. Populasi Penelitian ini 139 siswa kelas XI MAN 4 Aceh Besar, dan menggunakan purposive random sampling, juga menggunakan one sampel test (uji t untuk satu sampel) yang menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 42 siswa kelas XI yang terdiri dari IPA, IPS, IAG. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat pengaruh profesionalisme guru terhadap pengembangan pribadi sosial siswa yang ditunjukkan dari hasil uji hipotesis yaitu thitung > ttabel ( 31,719 > 2,145) atau sig 31. 719 > 0,05 sehingga Ho diterima. Dapat disimpulkan bahwa profesionalisme guru bimbingan konseling mempengaruhi pengembangan pribadi social siswa di MAN 4 Aceh Besar sebesar 73%. Jika dikategorikan dalam tingkatan klasifikasi skor berada pada 106115 yaitu sedang yang diperoleh dari 4708:42=112.09.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. Munirwan Umar, M.Pd 2. Tabrani. ZA, S.Pd.I., M,S.I., MA.
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme , Pribadi Sosial, Guru, Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: farah dina farah
Date Deposited: 22 Jan 2019 03:40
Last Modified: 22 Jan 2019 03:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6293

Actions (login required)

View Item View Item
TOP