Mekanisme Pemberian Pembiayaan Usaha Mikro oleh PT. BPRS Hikmah Wakilah Kantor Kas Keutapang dengan Akad Murabahah

Zidna Ilma, 041300748 (2016) Mekanisme Pemberian Pembiayaan Usaha Mikro oleh PT. BPRS Hikmah Wakilah Kantor Kas Keutapang dengan Akad Murabahah. KKU thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (membahas bagaimana pemberian pembiayaan oleh PT BPRS Hikmah Wakilah terhadap peningkatan pendapatan pedagang dalam usaha mikro)
Full LKP.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Laporan ini disusun berdasarkan praktik kerja yang penulis lakukan di PT BPRS Hikmah Wakilah Kantor Kas Keutapang Jl. Mata Ie No.55 Keutapang Dua Aceh Besar. Selama melakukan kerja praktik di PT BPRS Hikmah Wakilah pihak bank menempatkan pada bagian pembiayaan, sehingga dapat terlihat langsung proses pembiayaan murabahah. Adapun kegiatan yang dilakukan selama melakukan kerja praktik diantaranya, melayani transaksi nasabah, membantu nasabah mengisi formulir permohonan pembiayaan, mendokumentasikan jaminan pembiayaan. Pada PT BPRS Hikmah Wakilah banyak memberikan pembiayaan kepada pedagang, karena PT BPRS Hikmah Wakilah sangat peduli dan paham terhadap kebutuhan pembiayaan modal usaha kecil dan mikro. Adapun tujuan laporan kerja praktik untuk mengetahui bagaimana pemberian pembiayaan oleh PT BPRS Hikmah Wakilah terhadap peningkatan pendapatan pedagang dalam usaha mikro. Prosedur pemberian pembiayaan murabahah yang diterapkan pada PT BPRS Hikmah Wakilah meliputi empat tahap yaitu: tahap permohonan pembiayaan murabahah, tahap analisis kelayakan pemberian pembiayaan, tahap keputusan atas usulan pembiayaan dan tahap pencairan pembiayaan. Sebelum fasilitas pembiayaan dikeluarkan, bank harus merasa yakin bahwa pembiayaan yang diberikan benar-benar akan kembali, keyakinan tersebut diperoleh dengan menerapkan prinsip analisis 5c untuk mengetahui layak atau tidak nasabah menerima pembiayaan.

Item Type: Thesis (KKU)
Additional Information: Pembimbing: 1. Nazaruddin A. Wahid, MA, NIP.195612311987031031. 2. Ayumiati, SE.,M.Si, NIP.197806152009122002.
Uncontrolled Keywords: Murabahah; BPRS
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > D3 Perbankan Syariah
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2017 10:14
Last Modified: 17 Jul 2017 10:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/63

Actions (login required)

View Item View Item
TOP