Penerapan Strategi Pembelajaran Multiple Intelegences dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Pantun Siswa Pada Kelas IV MIN Tungkob Aceh Besar.

Firlina, 201223362 (2017) Penerapan Strategi Pembelajaran Multiple Intelegences dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Pantun Siswa Pada Kelas IV MIN Tungkob Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Pendidikan; Bimbingan)
FIRLINA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dari hasil observasi penelitian pada sekolah MIN Tungkob Aceh Besar,penulis melihat masalah kemampuanmenulis tentang pantun bahasa Indonesia siswa masih kurang efektif, kurangnya kemampuan menulis pantun disebabkan ketika siswa mengungkapkan pikiran dan perasaannya masih kurang mengerti bagaimana tata cara penulisan pantun yang benar, kurang menguasai informasi, kurangnya memahami dalam mempelajari materi pantun dan di dalam proses belajar mengajar siswa masih kurang aktif. Oleh karena itu, penulis mencoba melakukan upaya untuk menciptakan proses belajar mengajar yang menyenangkan dengan menerapkan strategi pembelajaran Multiple Intelegences. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa menulis pantun penerapan strategi pembelajaran MultipleIntelegences dalam meningkatkan kemampuanmenulis pantun siswa kelas IV MIN Tungkob Aceh Besar. (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan penerapan strategi pembelajaran Multiple Intelegences dalam meningkatkan kemampuanmenulis pantun siswa kelas IV MIN Tungkob Aceh Besar. (3) Untuk mengetahui respon siswa setelah penerapan strategi pembelajaran Multiple Intelegences dalam meningkatkan kemampuanmenulis siswa kelas IV MIN Tungkob Aceh Besar.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai 68,47 % dalam kategori baik dan siklus II meningkat dengan nilai 80 % dalam kategori baik sekali.(2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai 72,36 % dalam kategori baik dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 81,25 % berada dalam kategori baik sekali.(3) hasil tes siswa pada siklus I sebesar 47,61% meningkat pada siklus II menjadi 64,29% siswa telah tuntas secara klasikal. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan penerapan strategi pembelajaran Multiple Intelegences dapat meningkatkan kemampuan menulis pantun siswa kelas IV MIN Tungkob Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. M. Nasir Budiman, MA Nip. 195701021986031003 Silvia Sandi Wisuda Lubis, M. Pd Nip. 198811172015032008
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms FIRLINA MUDARISSUDIN
Date Deposited: 12 Sep 2017 04:59
Last Modified: 12 Sep 2017 04:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/630

Actions (login required)

View Item View Item
TOP