Inovasi Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Keaktifan siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas 2 SMA Negeri 1 Trumon Tengah Kabupaten Aceh Selatan

Feri Hardani, 211323920 (2018) Inovasi Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Keaktifan siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas 2 SMA Negeri 1 Trumon Tengah Kabupaten Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Pembelajaran)
Feri Hardani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (442kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat yang digunakan untuk menunjang ketercapaian materi pembelajaran sesuai yang diharapkan. Adanya inovasi media dalam pembelajaran, siswa dapat melihat hal-hal yang baru sehingga dapat merangsang pikiran, perhatian dan minat siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa lebih aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar pendidikan Agama Islam. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah; apakah dengan adanya inovasi media pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan keaktifan siswa ?. Bagaimana respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas?. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan adalah suatu bentuk penelitian reflektif dan kolektif yang dilakukan oleh peneliti dalam situasi sosial untuk meningkatkan penalaran praktik sosial mereka, dengan menggunakan wawancara, observasi dan diskusi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan keaktifan siswa. Pada siklus I hasil yang didapatkan hanya 66% keaktifan siswa tanpa menggunakan inovasi media, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan 94% keaktifan siswa dengan menggunakan inovasi media. Hal ini membuktikan bahwasanya inovasi media mampu meningkatkan keaktifan siswa pada siklus II dengan jumlah peningkatan 28% dari siklus I. Selain itu, respon siswa pada siklus I mengaku kurang menarik, tidak menyenangkan serta kurang memahami pelajaran bila proses belajar tidak menggunakan inovasi media pembelajaran, sedangkan pada siklus II siswa mengaku senang dan menarik belajar dengan menggunakan inovasi media pembelajaran, mereka lebih memahami pembelajaran dengan menggunakan inovasi media dari pada pembelajaran yang tidak menggunakan inovasi media

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Jailani S.Ag., M.Ag 2.Sri Astuti, S.Pd.I., M.A
Uncontrolled Keywords: Inovasi Media, Pembelajaran, siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feri Hardani
Date Deposited: 03 Feb 2019 04:07
Last Modified: 04 Feb 2019 09:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6441

Actions (login required)

View Item
View Item