Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 8 Aceh Besar

Maspuja Yani, 140209148 (2018) Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 8 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Pembelajaran)
Maspuja Yani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (905kB) | Preview

Abstract

Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah penerapan metode pembelajaran yang kurang bervariasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan penerapan metode pembelajaran role playing pada materi hubungan makhluk hidup dalam ekosistem di MIN 8 Aceh Besar. Rancangan penelitian ini menggunakan quasi experimental design dengan desain non equvalent control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas V MIN 8 Aceh Besar yang terdiri dari 3 kelas, sedangkan sampel dalam penelitian adalah kelas Va dan Vc, penelitiannya dengan menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan lembar pree-test dan post-test. Analisis data aktivitas belajar siswa menggunakan rumus persentase dan hasil belajar siswa menggunakan uji statistik t-test pada taraf signifikan 0,05. Hasil analisis data menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dengan penerapan metode pembelajaran role playing pada materi hubungan makhluk hidup dalam ekosistem kelas V MIN 8 Aceh Besar dengan nilai rata-rata 98,86 termasuk kategori sangat tinggi dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai pre-test 57,35 dan nilai post-test 84,32. Hasil uji t menunjukkan thitung= 7,93, dengan d.b 65 diperoleh ttabel= 1,67. Hasil ini menunjukkan thitung>ttabel, sehingga Ho ditolak dan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada materi hubungan makhluk hidup dalam ekosistem kelas V dengan penerapan metode role playing (Ha diterima).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Muslim Razali, S.H, MA. 2.Nida Jarmita, S.Pd.I., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode Role Playing, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maspuja Yani
Date Deposited: 04 Feb 2019 10:18
Last Modified: 04 Feb 2019 10:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6450

Actions (login required)

View Item
View Item