Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan pada Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Media Komik di Kelas IV MIN 3 Aceh Besar.

Santi Koharni, 140209105 (2018) Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan pada Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Media Komik di Kelas IV MIN 3 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan]
Preview
Text (Membahas tentang Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan)
Santi Koharni.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan]
Preview
Text (Membahas tentang Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Terpenuhinya keberhasilan siswa dalam belajar mengajar sangat dipengaruhi oleh media yang digunakan guru saat melakukan proses belajar mengajar. Media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah media komik yaitu salah satu media hiburan yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini komik berfungsi sebagai media penyampaian pesan pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 3 Aceh Besar yang berjumlah 32.
Mengetahui bagaimana aktivitas guru dan siswa melalui media komik dalam menulis karangan narasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Data yang diperoleh dengan observasi terhadap aktivitas guru dan aktivitas siswa, Teknik analisis data menggunakan rumus persentase (%). Kemudian berdasarkan hasil penelitian aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran pada siklus I yang diperoleh yaitu kategori cukup dengan persentase 67,69%. Sedangkan pada siklus II Aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran mengalami peningkatan yang diperoleh yaitu kategori baik dengan persentase 82,85%. Aktivitas guru selama proses pembelajaran melalui media komik dalam menulis karangan narasi pada siklus I dengan persentase 80,26% dengan kategori baik. Sedangkan pada siklus II mencapai kategori sangat baik dengan persentase 86,84%. Kemampuan siswa dalam menulis karangan pada siklus 1 terlihat sebanyak 17 orang siswa yang tuntas dengan persentase 53,12%, sedangkan siswa yang tidak tuntas adalah sebanyak 15 siswa dengan persentase 46,87% dengan kategori cukup. Pada siklus II kemampuan menulis karangan narasi siswa sudah meningkat menjadi 84,37% dengan jumlah siswa yang tuntas 27 orang siswa sedangkan 5 siswa 15,62% belum tuntas. Dengan demikian ketuntasan hasil belajar secara klasikal melalui media komik sudah tercapai dan mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Yuni Setia Ningsih, M. Ag 2. Fajriah, M. A
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menulis, Karangan, Media Komik
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Santi Koharni
Date Deposited: 08 Feb 2019 09:50
Last Modified: 08 Feb 2019 09:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6451

Actions (login required)

View Item
View Item