Penerapan Kurikulum 2013 di SMAN 1 Bireuen dan SMAN Peudada

Henni Yulia, 140206085 (2018) Penerapan Kurikulum 2013 di SMAN 1 Bireuen dan SMAN Peudada. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Kurikulum 2013)
Henni Yulia.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Kurikulum 2013)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (507kB) | Preview

Abstract

Penerapan Kurikulum 2013 di SMAN 1 Bireuen dan SMAN 1 Peudada telah memenuhi standar kurikulum, akan tetapi terdapat beberapa hambatan dalam penerapan kurikulum 2013 pada proses perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Seberapa tinggi perencanaan proses embelajaran, pelaksanaan, penilaian, penerapan, dan perbedaan penerapan kurikulum 2013 di SMAN 1 Bireuen dan SMAN 1 Peudada.Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif,populasi dalam penelitian ini adalah guru SMAN 1 Bireuen dan SMAN 1 Peudada yang berjumlah 118 guru, sampel yang digunakan yaitu menggunakan seluruh sampel yang ada dalam populasi dengan memggunakan rumus Yamane Isaac dan Michael. Teknik pengumpulan menggunakan angket. Data disajikan berdasarkan data dan diinterprestasikan sesuai dengan kriteria indikator yang diukur.1) Tingginya perencanaan proses pembelajaran dalam penerapan kurikulum 2013 di SMAN 1 Bireuen dan SMAN 1 Peudada masuk dalam kategori tinggi (3,41-5) skor perencanaan sebesar 4,82. 2) Tingginya pelaksanaan proses pembelajaran dalam penerapan kurikulum 2013 di SMAN 1 Bireuen dan SMAN 1 Peudada masuk dalam kategori tinggi (3,41-5) skor pelaksanaan sebesar 4,82. 3) Tingginya penilaian proses pembelajaran dalam penerapan kurikulum 2013 di SMAN 1 Bireuen dan SMAN 1 Peudada masuk dalam kategori tinggi (3,41-5) skor penilaian sebesar 4,81. 4)Penerapan kurikulum 2013 di SMAN 1 Bireuen dan SMAN 1 Peudada masuk dalam kategori baik, dilihat dari skor rata-rata dari 3 (tiga) variabel: perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran dan penilaian proses pembelajaran, hal ini terlihatt dari hasil uji SPSS versi 20. 5) Perbedaan penerapan Kurikulum pada kedua sekolah, menggunakan Independent samples test, penerapan kurikulum pada kedua sekolah terdapat perbedaan dengan nilai signifikansi 0,00<0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa: Penerapan kurikulum 2013 di SMAN 1 Bireuen dan SMAN 1 Peudada sudah dalam taraf tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr.Yusri M. Daud, M.Pd 2. Lailatussaadah M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penerapan Kurikulum 2013
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Henni Yulia
Date Deposited: 27 Mar 2019 07:15
Last Modified: 27 Mar 2019 07:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6452

Actions (login required)

View Item View Item
TOP