Rianto, 261324615 (2018) Penerapan Model Kooperatif Tipe CIRC terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MTs pada Pembelajaran Matematika. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Rianto.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB) | Preview
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Komunikasi matematis sangat perlu untuk dikembangkan dalam proses pembelajaran matematika, hal ini karena melalui komunikasi matematis, siswa dapat mengorganisasikan berpikir matematikanya secara tulisan dan mengkomunikasikan pemahamannya kepada orang lain. Kenyataannya, kemampuan komunikasi matematis siswa masih tergolong rendah, untuk mengatasi masalah tersebut, diterapkan model pembelajaran tipe CIRC. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan penerapan model kooperatif tipe CIRC dengan penerapan model konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa MTs pada pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil tes kemampuan komunikasi matematis pada siswa MTsS diperoleh kemampuan memahami dan mengungkapkan ide matematika dengan menuliskan yang diketahui, ditanya dan dimisalkan dengan benar dan lengkap (41,18%), kemampuan menggunakan representasi matematika yakni dengan mengunakan rumus yang sesuai dengan soal yang diberikan (20,59%), mampu menyelesaikan masalah melalui perhitungan secara jelas dan benar (14,71%), mampu mencapai langkah menafsirkan informasi dengan membuat kesimpulan akhir secara jelas dan benar (23,53%), dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa masih tergolong rendah, Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen (true eksperimen) dengan rancangan Pretest Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsS Darul Hikmah Kajhu, sampelnya menggunakan simple random sampling. Sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIIa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIb sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes tulis kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan uji-t sampel independent test diperoleh thitung lebih dari ttabel yaitu 6,90>1,68. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model kooperatif tipe CIRC lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Drs Lukman Ibrahim, M.Pd. 2. Zikra Hayati, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Model Kooperatif Tipe CIRC, Kemampuan Komunikasi Matematis |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rianto - |
Date Deposited: | 22 Feb 2019 09:39 |
Last Modified: | 22 Feb 2019 09:39 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6471 |