Peran guru Bimbingan Konseling dalam Pemahaman Konsep Diri Siswa di SMAN 1 Peukan Bada Aceh Besar

Dara Silvia, 271222993 (2018) Peran guru Bimbingan Konseling dalam Pemahaman Konsep Diri Siswa di SMAN 1 Peukan Bada Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Peran guru Bimbingan Konseling)
Dara Silvia.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Membahas tentang Peran guru Bimbingan Konseling)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (908kB) | Preview

Abstract

Secara umum, banyak siswa yang tidak memahami pemahaman konsep dirinya. Untuk memberikan pemahaman tentang konsep diri siswa di sekolah diperlukan sosok guru bimbingan dan konseling yang mampu memberikan pemahaman kepada siswa tersebut. Oleh karena itu, peran guru dan bimbingan dan konseling sangat diperlukan dalam membantu pemahaman konsep diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru bimbingan konseling dalam pemahaman konsep diri siswa, untuk mengetahui tentang faktor-faktor yang mempengaruhi konsep diri siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru bimbingan konseling, 1 orang kepala sekolah dan 6 orang siswa kelas X dan XI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bimbingan dan konseling sangat berperan aktif dalam memberikan pemahaman konsep diri siswa disekolah. Guru bimbingan dan konseling selalu aktif memberikan nasehat, motivasi serta layanan bimbingan dan konseling kepada siswa dan juga ikut serta dalam memberikan layanan informasi tentang pemahanam konsep diri yang benar dan bekerjasama dengan kepala sekolah, guru bidang studi dan perangkat sekolah. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi konsep diri siswa yaitu faktor ekonomi, faktor lingkungan dan faktor keluarga. Keluarga merupakan tepat pertama dan utama dalam membentuk konsep diri anak. Perlakuan-perlakuan yang diberikan orang tua terhadap anak akan membekas terhadap anak ketika menjelang dewasa dan membawa pengaruh konsep diri anak baik positif maupun negatif. Faktor keluarga seperti orang tua, kakak dan adik mereka saling terbuka dalam kondisi anak yang mengalami suatu masalah disekolah maupun diluar sekolah. Hal ini membuat anak akan mengidentifikasi dirinya dengan salah satu orang dikeluarganya yang dianggap patut dijadikan contoh bagi keluarganya yaitu orang tua mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Jamaliah Hasballah, MA 2. Dra. Cut Nya Dhin, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Bimbingan Konseling. Konsep Diri Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dara Silvia
Date Deposited: 13 Feb 2019 10:14
Last Modified: 13 Feb 2019 10:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6506

Actions (login required)

View Item View Item
TOP