Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Rizki Ramadhani, 261324613 (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Rizki Ramadhani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (20MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (588kB) | Preview

Abstract

Komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki peserta didik dalam belajar matematika.Kenyataannya berdasarkan hasil survei PISA menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi peserta didik di Indonesia masih tergolong rendah.Proses pembelajaranmembutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa yaitu salah satunya model Problem Based Learning. Berdasarkan observasi awal diperoleh informasi bahwa perangkat pembelajaran yang dirancang oleh guru belum terdapat tahapan pembelajaran yang menuntut peserta didik untuk meningkatkan kemampuan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaranyang menerapkan model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik SMA yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate, namun penelitian ini dibatasi sampai tahap develop. Hasil analisis penilaian lima orang validator menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kategori valid. Hasil analisis respon dua orang guru yang menerapkan perangkat pembelajaran diperoleh rata-ratanya adalah 4,7 dengan kriteria sangat baik sehingga dikatakan praktis. Sedangkan hasil analisis respon tujuh orang peserta didik diperoleh 95,2% respon positif. Dengan demikian perangkat pembelajaran yang dikembangkan termasuk kategori valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. M. Duskri, M.Kes 2. Susanti, S.Pd.I., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Komunikasi Matematis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Rizki Ramadhani
Date Deposited: 15 Feb 2019 10:07
Last Modified: 15 Feb 2019 10:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6535

Actions (login required)

View Item
View Item