Penggunaan Metode Paired Reading untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa terhadap Memahami Bacaan(Studi Eksperimen di Dayah Ulumuddin Lhokseumawe).

Nadya Ulfa, 140202165 (2018) Penggunaan Metode Paired Reading untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa terhadap Memahami Bacaan(Studi Eksperimen di Dayah Ulumuddin Lhokseumawe). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Penggunaan Metode Paired Reading]
Preview
Text (Membahas tentang Penggunaan Metode Paired Reading)
Nadya Ulfa.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of Membahas tentang Penggunaan Metode Paired Reading]
Preview
Text (Membahas tentang Penggunaan Metode Paired Reading)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Peneliti mengangkat judul skripsi ini berdasarkan masalah yang dihadapi siswa saat proses belajar mengajar dari hasil observasi awal peneliti. Bahwasanya banyak siswa yang belum menguasai Bahasa Arab khususnya dalam keterampilan membaca, mereka mampu membaca tapi kurang memahaminya dan mengalami kesulitan saat memahami suatu teks bacaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui respon siswa dalam belajar qiraah menggunakan metode Paired Reading dan mengetahui efektifitas metode ini dalam meningkatkan kemampuan siswa terhadap memahami bacaan. Adapun metode dalam penelitian ini adalah metode Eksperimen dalam satu kelompok atau disebut dengan One Grup Pretest-Posttest Design. Untuk pengumpulan data peneliti menggunakan lembar observasi dan test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MAS ulumuddin dan Peneliti memilih kelas XI IPA/D sebagai sampel yang terdiri dari 22 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya respon siswa terhadap pembelajaran qiraah menggunakan metode Paired Reading tergolong sebagai kategori sangat baik, dengan perolehan nilai 88% dari hasil observasi kegiatan siswa, dengan interpretasi berkisar 80-100 sebagai kategori sangat baik dan penggunaan metode ini tergolong efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa terhadap memahami bacaan berdasarkan bukti perolehan nilai rata-rata posttest 87,5 lebih besar dari pretest 63,63 dan perolehan t test sebesar 10,9 dan t jadwal 1,721 maka T test lebih besar dari pada t table (10,9 > 1,721).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Asyraf muzaffar, MA 2. Fadhilah, MA
Uncontrolled Keywords: Metode Paired Reading, Meningkatkan, Kemampuan Siswa, Memahami Bacaan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nadya Ulfa
Date Deposited: 12 Apr 2019 03:18
Last Modified: 12 Apr 2019 03:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6536

Actions (login required)

View Item
View Item